Beranda Wisata Keindahan Sekotong di Mata Pelaku Pariwisata dan Masyarakat

Keindahan Sekotong di Mata Pelaku Pariwisata dan Masyarakat

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PEMANDANGAN: Keindahan objek wisata Teluk Mekaki yang ada di Sekotong Lobar.

Wisata Pantai Mempesona, Sumber Daya Alam juga Menjanjikan

Keindahan Sekotong sudah tidak diragukan. Termasuk di mata pelaku pariwisata yang menganggap keindahann Sekotong bisa bersaing dengan luar negeri.
WINDY DHARMA-LOBAR
PANTAI berpasir putih, pemandangan menawan, keindahan terumbu karang hingga jajaran pulau kecil atau gili. Itulah sederet gambaran keindahan yang dimiliki Sekotong Lombok Barat (Lobar). Daerah paling selatan di Lobar itu bagaikan surga tersembunyi yang belum banyak diketahui orang. Keindahannya justru sudah lama dilirik para investor.
Di mata General Manager Wyndham Sundancer Resort Lombok, Nanang Supriadi, Sekotong istimewa. Pemandangan sunrise di Sekotong tak kalah dengan pantai di luar negeri. Semisal Maldives di kepulauan Maladewa.
Siapa yang tidak mengenal keindahan dari pulau yang berada di samudra Hindia itu. Keindahan dan kenyaman pulau tropis dengan pasir putih ternyata juga dimiliki Sekotong.
Tak hanya itu. Sekotong juga memiliki daya tarik seperti garis pantai yang cukup panjang. Dihiasi pasir putih, dengan sebagian besar wilayah pantai yang masih alami. “Potensi inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan domestik dan mancanegara,” katanya.
Harapannya, Sekotong bisa terus bangkit sehingga bisa bersaing dengan destinasi wisata lainnya di Indonesia, bahkan di luar negeri. Tentu saja, kolaborasi di semua lini harus tetap dikedepankan. Bai antara pelaku usaha wisata, pemerintah, masyarakat sekitar, pihak keamanan. “Faktor keamanan memiliki pengaruh besar. Kami bersyukur, saat ini Sekotong sudah menjadi daerah yang aman dengan masyarakat yang ramah,” sambungnya.
Apa yang disampaikan GM Wyndham Sundancer, dibenarkan masyarakat Sekotong. “Tinggal sekarang bagaimana kita mengawal, dan mengemas potensi yang dimiliki Sekotong ini,” kata I Made Sumada, pemuda asal Desa Pelangan.
Calon legislative Lobar ini menyebut, potensi Sekotong bukan hanya sisi pariwisata. Sumber daya alam, berupa sektor pertanian dan perikanan juga cukup menjanjikan. “Kita punya banyak pulau kecil atau gili-gili, kita juga punya panjang garis pantai yang luar biasa. Artinya potensi ini sangat besar, dan harus digali ke depan,” ungkapnya.
Pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Lobar akan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat. Terutama di kawasan pesisir dan pulau kecil. Hingga saat ini kawasan pesisir dan pulau kecil terkesan kurang mendapat perhatian. Tak heran, angka kemiskinan di daerah ini banyak disumbangkan dari penduduk di kawasan pesisir dan pulau kecil. “Ke depan harus ada program nyata untuk memberdayakan masyarakat di pesisir dan pulau kecil. Para nelayan kita juga perlu perhatian, sama halnya dengan para petani,” katanya.
Apalagi, dikatakan Made, sektor ini bisa menjadi penyangga pariwisata di Lobar. Ada banyak hal yang bisa dikobalorasikan. “Ada potensi budidaya mutiara untuk kerajinan, ikan tangkapan dan rumput laut untuk kuliner dan pasokan kebutuhan perhotelan. Bisa juga dikembangkan destinasi-destinasi baru di kawasan, terutama di Lembar dan Sekotong,” sarannya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here