Beranda Lombok Timur Hari Ini, KUA PPAS 2019 Dibahas

Hari Ini, KUA PPAS 2019 Dibahas

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA Ahmad Subhan

LOTIM – Hari ini, Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2019 Lombok Timur (Lotim), mulai dibahas. Pembahasan dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lotim, melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Sekretariat Daerah (Setda).

Kabag Humas dan Protokol Setda Lotim, Ahmad Subhan, kemarin menjelaskan, tahun anggaran 2019 merupakan tahun pertama pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) pemerintahan periode 2019-2023 mendatang. Penyusunan KUA PPAS ini, mengacu regulasi yang ada, baik Permenda Nomor 13 Tahun 2006 sebagaimana diubah dengan Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 dan dasar Permendagri Nomor 38 Tahun 2018, tentang pedoman penyusunan APBD tahun anggaran 2019.
Selain itu, juga mengacu Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), dan Rancangan Pencapaian Indikator Tahunan, yang telah dituangkan dalam rancangan awal RPJMD 2018-2023. Khususnya, pencapaian indikator tahunan pada tahun 2019. Tentunya, mengacu pula pada beberapa kebijakan mendasar, dalam mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati.
“Beberapa kebijakan baru juga sudah dituangkan dalam KUA PPAS. Salah satunya, kenaikan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). TKD khusus bagi staf (pelaksana), naik dari Rp 400 ribu menjadi Rp 500 ribu. Kebijakan ini disambut baik para ASN kita,” jelasnya.
Lanjut Subhan, untuk mewujudkan Kabupaten Lombok Selatan (KLS), Bupati juga mengalokasikan anggaran. Selama ini, KLS sangat dinantikan masyarakat, khususnya masyarakat wilayah selatan. Belum lagi, menganggarkan pemberian bantuan biaya pendidikan dasar sampai menengah, bagi 1000 anak yatim piatu. Termasuk bagi anak-anak putus sekolah, bisa mengikuti paket A.
Bupati juga memberikan bantuan keuangan desa cukup signifikan, perhatian serius pada bidang kesehatan, demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Karena kesehatan salah satu indikator peningkatan IPM. Bidang kesehatan, akan dilakukan penambahan sarana dan prasarana, termasuk peningkatan status Puskesmas Keruak dan Aikmel menjadi tipe C.
“Nanti juga akan dianggarkan tahun jamak 2019 sampai 2020, untuk pembangunan infrastruktur jalan, air minum, dan irigasi,” tandas Subhan.
Ia berharap, pembahasan KUA PPAS ini berjalan lancar sesuai jadwal sudah ditetapkan. Demikian juga pembahasan APBD 2019, berjalan baik dan tuntas sesuai waktu sudah ditetapkan. “Program pro rakyat ini, tentunya akan mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat, menuju Lombok Timur yang Adil Sejahtera dan Aman,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here