Beranda Headline Cari Keadilan, Nuril Akan Temui Jokowi

Cari Keadilan, Nuril Akan Temui Jokowi

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA Baiq Nuril Maknun

MATARAM – Mantan honorer bidang Tata Usaha di SMU 7 Mataram, Baiq Nuril Maknun 36 tahun berencana akan mencari keadilan dengan cara menemui Presiden RI, Joko Widodo dalam waktu dekat di Jakarta. Katanya, hanya satu-satunya jalan mencari keadilan dengan meminta bantuan ke presiden.

Dalam kasus ini, Nuril merasa didiskriminasiakan atas putusan Kasasi Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan dirinya bersalah dan melanggar UU ITE dengan hukuman pidana 6 bulan penjara, dan denda 500 juta subsider kurungan 3 bulan penjara yang diputuskan MA belum lama ini di Jakarta.
Ibu tiga anak itu menegaskan, dirinya tidak pernah menyebarkan ataupun mendistribusikan konten yang melanggar UU ITE, seperti keputusan MA itu. Dia pun heran dengan keputusan MA yang memutuskan dirinya bersalah, padahal hasil persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram pada bulan Juli tahun 2017 lalu, dirinya dinyatakan bebas dan tidak terbukti menyebarkan ataupun mendistribusikan percakapan asusila kepala SMA 7 Negeri Mataram.
“Saya merasa didiskriminasikan dengan putusan ini, saya tidak mengerti kenapa MA bisa putuskan itu,” kata Nuril yang ditemui di perumahan BHP Telagawaru Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, kemarin.
Hal yang membuatnya merasa kecewa, dimana putusan PN Mataram tahun lalu telah membebsakan dirinya dari jeratan hukum. Dia lantas mempertanyakan putusan MA tersebut. Dalam hal ini, Nuril berencana akan mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap kasusnya tersebut. Dia sampai hari ini, mengaku belum menerima salinan putusan MA tersebut.
“Saya akan mengadukan nasib saya ke Pak Presiden,” katanya sambil meneteskan air mata.
Sementara itu, salah kelompok masyarakat tengah menggalang dana untuk Nuril. Donasi ini akan diperuntukkan untuk membayar denda Rp 500 juta seperti tuntutan MA tersebut. Salah satu portal yang dibuat masyarakat yaitu kitabisa.com/saveibunuril. Melalui portal itu masyarakat di NTB bahkan di Indoensai diajak untuk membantu meringankan beban Nuril seikhlasnya. Portal donasi itu bertujuan agar semua pihak tidak membiarkan keluarga Nuril saja yang menanggung ratusan juta. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here