Beranda Headline AP Latih 30 Kelompok Binaan

AP Latih 30 Kelompok Binaan

BERBAGI
HUMAS AP FOR RADAR MANDALIKA PENGHORMATAN: GM PT AP I Bandara LIA, I Gusti Ngurah Arditha dan Kadis Koperasi dan UMKM NTB, Lalu Saswadi berdiri saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemarin.

MATARAM – PT. Angkasa Pura (AP) I, Bandara Lombok Internasional Airport (LIA) terus meningkatkan kualitas dan pemahaman akan persaingan bisnis dalam mitra binaannya. Kemarin, 30 mitra binaan mendapatkan pelatihan langsung dari PT AP bekerjasama dengan koordinator fasilitator lembaga pengembangan bisnis pembinaan dan pengembangan koperasi dan pengusaha kecil (LPB PPKP) Mataram. Mereka diberikan pelatihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan mitra binaan terhadap cara pengelolaan usahanya.
General Manager (GM) PT AP I Bandara LIA, I Gusti Ngurah Arditha menyampaikan, program kemitraan merupakan program sudah lama dibina baik dalam pinjaman maupun hibah pelatihan manajemen, marketing dan pengemasan.
Dia mengaku, persoalan selama ini hasil pengamatan, banyak para usaha menengah kecil masyarakat (UMKM) yang memiliki produk seperti suovenir masih lemah dalam pengemasan jika dibandingkan dengan pengemasan di luar daerah maupun luar negeri yang sangat menarik perhatian.
Contoh lain, taruh saja baju kaos dengan bungkus bagus, maka kelihatan menarik. Dengan demikian, kalau pun kualitas kaos tersebut tidak bagus, tapi dengan pola pengemasan baik dan rapi, akan meningkatkan harga.
“Memang sih, saya sendiri tidak secara langsung intens masuk proses pengemasan. Akan tetapi, proses pengemasan itu akan disampaikan lewat Dinas Koperasi dan UMKM. Angkasa Pura hanya mencari materi yang dibutuhkan,” katanya.
Arditha menuturkan, kelebihan pengemasan seperti dibeberapa negara yang pernah dikunjungi. Ketika bungkus produk diatur dengan baik maka harga akan mengikuti, karena mencerminkan produk tersebut itu bagus.
“Jika dibungkus jelek, kalaupun kualitas barang bagus, belum tentu diminati,” kata dia.
Hal itu dikatakannya karena, dalam waktu dekat Angkasa Pura akan menggelar program pameran kemitraan di Selaparang eks bandara. Tujuannya, perkenalkan produk yang dihasilkan UMKM binaan.
Dia menambahkan, ada salah satu binaan yang menjadi perhatian 3 tahun terakhir yakni tenun. Malah, binaan itu disiapkan tempat khusus di Bandara tidak berbayar. Hal itu karena tenun bisa dijadikan produk ekslusif, disebabkan pengunjung bandara bisa melihat langsung cara pembuatan kain tenun khas Lombok-Sumbawa.
“Kita Buatkan aturan khusus mitra Tenun, wajib nenun disana, supaya bisa dilihat langsung proses pembuatan. Kemudian bisa atraktif dalam arti pengunjung bisa foto bersama penenun dan wajibkan ada kartu nama, harapab siapa tahu dibutuhkan nanti bisa di pesan lewat telepon, “tuturnya.
Yang jelas lanjutnya, sebanyak 1000 lebih mitraa binaan Angkasa Pura. Malah diperkarakan bertambah karena dana yang diberikan merupakan dana bergulir. Jika ada pengembalian dari mitra maka diputar lagi kepada mitra binaan baru. Ditambah lagi, setiap tahun malah perusahaan BUMN menambah modal bagi UMKM mitra binaan.
Kedepan, Angkasa Pura punya ide akan buat Koperasi berbasis online, agar pembeli bisa pesan barang secara Online. “Barang jualan seperti tenun tinggal di play aja, begitu halnya produk kopi, dan produk mitra binaan ,tinggal crate,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi NTB, H Lalu Saswadi mengaku sangat berterima kasih atas dukungan pihak angkasa pura terus melakukan pembinaan wira usaha baru. Pihaknya menyadari pembinaan UMKM merupakan tanggung jawab bersama, untuk mendorong terbentuknya wira usaha agar perekonomian masyarakat terpenuhi.
Saswadi menjelaskan, semakin banyak UMKM maka akan bisa tampung pengangguran . Sehingga, dirinya sangat mendukung langkah angkasa pura. Terlebih soal pemasaran produk secara Online, karena kedepan masyarakat tidak mau repot saat berbelanja, karena ingin seperti raja main HP, barang belanjaan sudah diantarkan ke rumahnya. Pihaknya sudah mulai melatih pemasaran serta pengemasan lebih menarik, serta pemasaran secara Online. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here