Beranda Lombok Barat Minta Passing Grade Ditinjau Ulang

Minta Passing Grade Ditinjau Ulang

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA JAWAB SOAL: Para peserta SKD CPNS Lobar saat menjawab soal yang tersaji di layar computer beberapa waktu lalu.

LOBAR —Passing grade saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS), terus menuai protes. Gara-gara tingginya passing grade, membuat pelamar yang lolos sangat minim. Imbasnya, banyak formasi di Lobar tidak terpenuhi. Dari 7.355 peserta yang mengikuti SKD, hanya 87 perserta yang lolos passing grade. Sedangkan dibutuhkan 219 formasi pada CPNS tahun ini.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lobar meminta agar passing grade ditinjau kembali. “Dari 7 ribu, hanya 87 yang lolos atau sekitar 2,5 persen,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, HM Taufiq saat dikonfirmasi, kemarin.
Pemkab Lobar bukan alasan meminta peninjauan kembali passing grade itu. Sebab, minimnya peserta lolos passing grade tidak saja dialami Lobar. Namun, hampir sebagian besar wilayah di Indonesia. “Kami mengharapkan ditinjau kembali passing grade. Karena ini sudah skalanya nasional,” sambungnya.
Surat pengajuan peninjauan passing grade sudah disampaikan pemkab ke Pemprov NTB. Nantinya, pemprov akan bersurat ke Badan Kepegawaian Negera (BKN). Kini, pemkab masih menunggu kabar terkait pengajuan itu. Informasinya, pemerintah pusat sudah berencana meninjau kembali passing grade tersebut. “Katanya akan ditinjau kembali, hanya belum resmi,” imbuhnya
Menurutnya, setiap daerah memiliki perbedaan kemampuan dalam menjawab soal di SKD. Bahkan di salah satu daerah, hanya 3 persen yang lolos. Karenanya, peninjauan kembali passing grade itu dirasakan sangat dibutuhkan.
Diketahui, syarat untuk bisa mengikuti seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah pesertanya minimal 3 kali dari formasi yang dibutuhkan. Sedangkan dari hasil SKD, terdapat beberapa formasi di Lobar yang kurang dari syarat minimal itu. Bahkan terdapat formasi yang tidak ada satu pun pesertanya yang lolos. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here