Beranda Headline Balon Kades Dites Membaca Kitab Suci

Balon Kades Dites Membaca Kitab Suci

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TES: Salah satu calon kades di Desa Gelogor tengah mengikuti tes membaca kitab suci di kantor desa, kemarin.

LOBAR —Pendaftaran calon kepala desa (kades) dibeberapa desa sudah berlangsung. Masih ada tahapan lanjutan sebelum penetapan sebagai calon. Tes yang terbilang unik adalah tes membaca kitab suci sesuai agama di pendaftar Pilkades. Seperti terlihat di Desa Gelogor Kecamatan Kediri, kemarin. Lima bakal calon (Balon) Kades yang sudah mendaftar, dites membaca Alquran. Pengujinya adalah petugas dari kantor urusan agama (KUA) setempat.
“Tes baca kitab suci ini memang amanat dari Perbub. Ini hanya uji baca saja sesuai dengan keyakinan masing masing,” ujar Ketua Panitia Pilkades Gelogor, Iswadi Idris.
Setelah ini, tahapannya berlanjut ke penetapan. Tinggal dilihat syarat-syarat administratifnya yang lain, termasuk ijazah. Sesuai Perda tentang Desa, calon kepala desa harus bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Mampu membaca kitab suci sesuai dengan agama masing-masing. “Bertakwa itu dibuktikan dengan surat pernyataan dan mampu kitab suci agama masing-masing. Itu diatur dalam Perda,” ungkap Kasi Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa (DPMD) Lobar, Hamdi.
Tes ini cukup mempengaruhi apakah Balon memenuhi syarat atau tidaknya. Bahkan dapat membuat Balon tidak lolos bertarung di Pilkades. Bahkan sudah ada beberapa calon di salah satu desa yang tidak lolos tes ini. “Katanya nggak bisa ngaji, jadi nggak berani datang pas tes. Akhirnya mengundurkan diri,” ucapnya. (win/r3/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here