Beranda Lombok Utara Wamenlu Minta Warga Bersabar

Wamenlu Minta Warga Bersabar

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika SAMBUTAN: Wamenlu saat memberikan sambutan di Masjid Darussalam Kecamatan Tanjung, Jumat lalu.

KLU —Wakil Menteri Luar Negeri, Dr A.M Fachir meminta masyarakat tetap bersabar dalam proses pemulihan saat ini. Sebab pemerintah telah berupaya optimal dalam melakukan tindakan penanganan pemulihan hingga recovery tersebut.

“Pemerintah terus bertekad membantu penanganan dan pemulihan situasi Lombok pascagempa. Proses ini memerlukan waktu lama, tenaga dan biaya yang cukup besar serta sinergi antar pemangku kebijakan,” ungkapnya dalam kunjungan Ke Lombok Utara, Jumat lalu.
Ia menyampaikan, apresiasi dan rasa syukur karena berkesempatan untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat Lombok Utara, sekaligus turut berduka dan prihatin atas bencana.
“Saya salut dengan masyarakat Lombok. Di tengah situasi seperti saat ini, saya masih melihat senyum dan wajah ceria masyarakat Lombok. Saya masih melihat semangat untuk bekerja keras dan masih bisa menjamu kami sebagai tamu dengan baik. Masyarakat Lombok menunjukkan ketangguhannya,” ungkap dia.
Dalam kunjungan rombongan Kementrian Luar Negeri ini nampak hadir juga para Duta Besar negara-negara sahabat yang ada di Jakarta. Kunjungan ini dilakukan untuk membantu pembangunan Masjid Darussalam Tanjung, sebagai bentuk nyata kontribusi sosial pada proses pemulihan Lombok. Adapun total biaya pembangunan masjid diperkirakan mencapai Rp 450 juta.
“Kami memilih pembangunan masjid dengan beberapa alasan. Masjid merupakan urat nadi kehidupan masyarakat Lombok yang terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid. Masjid juga merupakan tempat ibadah berkumpul, bersosialisasi, membangun kebersamaan diantara masyarakat, tempat saling menguatkan dalam ujian dan cobaan, serta tempat menempa generasi,” cetusnya.
Kedatangan para Dubes merupakan bentuk dukungan untuk turut mempromosikan pariwisata Lombok. Diharapkan dapat melihat langsung kondisi pariwisata Lombok yang terkenal dengan keindahannya. Selanjutnya dapat menunjukkan kepada dunia bahwa pariwisata di Lombok sudah pulih kembali. Pulihnya sektor pariwisata di Lombok diyakini dapat membangkitkan kembali perekonomian masyarakat.
“Kami harap kunjungan yang kami gagas ini dapat memberikan inspirasi bagi kegiatan-kegiatan lain untuk membantu pemulihan Lombok pascagempa bumi. Kami memastikan pula bahwa pariwisata Lombok juga sudah mulai bangkit dan normal kembali,” tuturnya.
Adapun Duta Besar yang hadir mendampingi adalah Dubes Azerbaijan, Mr. Tamerlan Garayev, Dubes Vietnam, Mr. Pham Vinh Quan, Dubes Suriname Mr. Ricardo Wilfred Panka, Wakil Dubes Mesir Mr. Ahmad Mustofa dan rombongan Kemenlu lainnya. Sedangkan dari pihak Pemprov NTB, hadir Kepala Biro Kesra Ahmad Ansuri. Hadir pula Sekda KLU Drs. H Suardi, Kepala Bapenda Drs. H. Zulfadli, Sekdis Sosial dan PPA Itradim.
Sementara Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas atensi Kementrian Luar negeri yang datang bersama sejumlah perwakilan kedutaan besar negara luar. Najmul membeberkan saat ini warga Lombok Utara masih banyak tinggal di pengungsian, sebagiannya lagi sudah menempati hunian sementara di rumah masing-masing.
“Semoga dengan kunjungan wamenlu, nantinya memberikan efek lebih kepada pariwisata kita, bahwa Lombok Utara saat ini aman untuk dikunjungi,” urainya.
Najmul membeberkan, proritas pemda saat ini mencari solusi dan donatur agar masyarakat yang ada di tenda segera mendapatkan Huntara. Sebagai antisipasi musim penghujan. Pemda KLU telah pula menganggarkan melalui APBD Perubahan sehingga kendala-kendala kian bisa segera teratasi. (dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here