Beranda Lombok Barat Cari Solusi Atasi Krisis Air

Cari Solusi Atasi Krisis Air

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA HL Ahmad Zaini

LOBAR —Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Menang sedang memikirkan solusi jangka panjang mengatasi masalah distribusi air bagi pelanggan. Pasalnya, kapasitas pendistribusian air dipengaruhi kondisi cuaca.

Meski kini kapasitas air sudah mulai meningkat saat musim penghujan, namun akan berkurang 40 persen saat musim kemarau. “Ini yang kita coba antisipasi,” kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Giri Menang, HL Ahmad Zaini yang ditemui di ruangannya, kemarin.
PDAM sudah memiliki tambahan kapasita dengan Sistem Pengembangan Air Minum Ibukota Kecamatan (SPAM IKK). Melalui sistem ini, 150 liter perdetik bisa dihasilkan untuk para pelanggan. PDAM masih berpeluang memperoleh tambahan sekitar 150 liter lagi.
Dikatakan Zaini, pihaknya telah mengajukan sekitar 300 liter perdetik ke pemerintah pusat, dan baru disetujui setengahnya. “Cuma yang masalah airnya itu yang dari mana, ini yang sedang kita diskusikan,” sambungnya.
Pihaknya berharap agar proyek Bendungan Meninting bisa segera terbangun. Sebab terdapat sekitar 150 liter perdetik yang dialokasi untuk PDAM Giri Menang. Sehingga dapat membantu kebutuhan para pelanggan ketika musim kering tiba.
Upayah melobi bantuan ke pemerintah pusat juga terus dilakukan. Lantaran hampir sebagian besar aset yang dimiliki PDAM diperoleh dari pusat. “Karena kita sadar fiskal daerah terbatas, sehingga kita yakinnya pemerintah pusat. Sehingga kalau jadi tambahan Remenang itu, saya yakin wilayah utara akan aman saat musim kemarau,” sambungnya.
Mengenai kebutuhan pengembangan perumahan subsidi, Zaini berencana membuatkan sumur bor. Utamanya untuk mengcover sekitar seribu unit rumah. Dengan kapasitas rata-rata 10 liter perdetik. Pihaknya pun akan mengumpulkan para pengembang terkait hal itu. “Pengembang akan saya minta lahan untuk membangun sumur bor. Sebelum membangun sudah ada sumur bor,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here