Beranda Praya Metro Pemuda Mujur Dilatih Perbengkelan

Pemuda Mujur Dilatih Perbengkelan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA DILATIH: Pemuda perwakilan dari empat dusun mengikuti pembukaan pelatihan perbengkelan di aula kantor Desa Mujur, Kecamatan Pratim, kemarin.

PRATIM —Sejumlah pemuda di Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur dilatih keterampilan perbengkelan oleh pemerintah desa setempat. Pelatihan ini merupakan salah satu program penguatan keterampilan pemuda guna membuka peluangnya terjun ke dunia usaha ke depan.
Sekdes Mujur, Mahrim mengutarakan, pelatihan ini menyasar 20 pemuda sebagai peserta yang berasal dari empat dusun, yakni Dusun Mungkik, Santong, Serasap dan Dusun Budiwaton. Masing-masing dusun mengutus lima peserta. Dikatakan, dilakukannya pelatihan di empat dusun, karena empat dusun ini merupakan dusun yang terlintas oleh jalan besar. Dengan harapan, usai dilatih para peserta bisa dengan mudah membuka usaha perbengkelan tersebut. Apalagi, usai dilatih mereka akan diberikan berbagai peralatan. Seperti mesin kompresor, satu set kunci mekanik dan lainnya. Namun, bantuan alat itu diberikan secara berkelompok. Artinya, karena berasal dari empat dusun, nantinya mereka akan dibagi menjadi empat kelompok.
Ditambahkan, pelatihan ini digelar selama 10 hari dengan anggaran sebanyak Rp 51 juta melalui dana desa (DD) tahap tiga. Selain itu, pelatihannya digelar dari pagi hingga sore dengan instruktur dari UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Loteng. Untuk materi pembuka sampai beberapa hari ke depan, katanya, akan diisi dengan materi pengetahuan umum soal perbengkelan, baru kemudian diisi dengan materi praktik. Lebih jauh disampaikan Sekdes, pelatihan ini diharapkan bisa memaksimalkan peran desa dalam mengurangi pengangguran di kalangan pemuda.
“Pemdes juga akan upayakan pelatihan-pelatihan seperti ini bisa disupport dananya tahun depan,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here