Beranda Lombok Barat Jalur PLTU Jeranjang Gelap Gulita

Jalur PLTU Jeranjang Gelap Gulita

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA TANPA PJU: Inilah jalur Desa Kebon Ayu menuju PLTU Jeranjang yang belum terpasang PJU, kemarin.

LOBAR —Wakil rakyat di Lombok Barat (Lobar) mengeluhkan tidak adanya lampu penerangan jalan umum (PJU) yang terpasang di sepanjang jalur menuju PLTU Jeranjang. Akibatnya, jalur tersebut gelap gulita. Mulai dari perbatasan Desa Taman Ayu dengan Desa Kebon Ayu Kecamatan Gerung, hingga Desa Kuranji Kecamatan Labuapi. Padahal jalur itu setiap hari dilalui warga. Termasuk truk pengangkut batu bara yang menuju PLTU Jeranjang.
Anggota DPRD Lobar daerah pemilihan (Dapil) Gerung-Kuripan, HL Muhammad Ismail mengatakan, kondisi yang tanpa PJU bisa rawan terjadinya tindak kejahatan. Seperti pencurian maupun perampokan. “Soal PJU ini, sudah kami suarakan ke Pemkab. Di wilayah lingkar PLTU, terutama perbatasan Desa Taman Ayu dengan Kebon Ayu. Hingga perbatasan dengan Gunung Pengsong (Labuapi), gelap tak ada PJU,” katanya, kemarin.
Usulan untuk pemasangan PJU ke dinas terkait sudah dilakukan. Baginya, sangat ironis jika melihat daerah penghasil energi listrik namun tak dilengkapi sangat tak diperhatikan dari penerangan yang memadai. Sebagai solusi, Pemerintah Desa Kebon Ayu berinisiatif membangun PJU dari dana Desa (DD). Ketiadaan PJU ternyata merambah hingga perkampungan. “Seharusnya ini jadi prioritas bagi pihak terkait, sebagai daerah penghasil listrik,” ujarnya.
Menyikapi masalah ini, pihak perusahaan PLTU Jeranjang dalam hal ini PT Indonesia Power (IP) tidak bisa berbuat banyak. Sebab terkait PJU, semua kebijakan di PLN, bukan di PT IP PLTU Jeranjang.
“Sudah kita usulkan cuma keputusan di ranah PLN,” jelasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here