Beranda Mataram Hilangkan Kesan Kumuh, Tiga Pasar Direvitalisasi

Hilangkan Kesan Kumuh, Tiga Pasar Direvitalisasi

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA AKTIVITAS: Pedagang dan pembeli beraktivitas di pasar Kebon Roek belum lama ini. Pasar ini masih dibenahi pascagempa bumi.

Empat Perbaikan Pascagempa

MATARAM—Tujuh pasar tradisional di Kota Mataram masih dibenahi. Tiga pasar direvitalisasi dengan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat senilai total Rp 3,6 miliar. Serta empat pasar lain direhab karena rusak akibat gempa bumi beberapa waktu lalu. Dananya dari APBD Perubahan tahun 2018 Kota Mataram senilai total Rp 500 juta.
Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, L Alwan Basri mengatakan, progress revitalisasi ketiga pasar rata-rata sudah 80 persen. Pasar itu adalah, Cakranegara, Pagesangan, dan Abian Tubuh. “Tahun ini tuntas,” kata Alwan, kemarin.
Masing-masing pasar mendapat dana revitalisasi sebesar Rp 1,2 miliar. Revitalisasi dilakukan karena kondisi ketiga pasar memang butuh ditata, agar tak terkesan kumuh dan semerawut. “Seperti di Cakranegara, ditata pasar loaknya. Dibuatkan kios di pasar loak, agar tidak terkesan kumuh, tidak aman dan semerawut,” jelasnya.
Kemudian di pasar Pagesangan, dibuatkan tambahan los dalam pasar. Begitu juga pasar Abian Tubuh, dibangunkan los, dan kios dalam pasar. Cakra Buat kios d pasar loak. “Progres Cakranegara dan Abian Tubuh di atas 80 persen,” sebutnya.
Karena sedang dilakukan revitalisasi dan rehab pascagempa, Alwan masih enggan menyebut berapa capaian retribusi pasar hingga saat ini. Dengan target Rp 4 miliar dari 19 pasar, Alwan tetap optimistis target bisa tercapai di sisa waktu tahun ini. “Kita lagi berusaha untuk bisa capai target. Iya harus realistis juga melihat kondisi, dan sudah berupaya semaksimal mungkin,” ujarnya.
Selain dari los dalam pasar, penarikan retribusi juga dimaksimalkan dari pasar grosir di dalam maupun luar pasar. “Potensi yang ada semua kita upayakan untuk ditarik retribusi, agar bisa mencapai target,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here