Beranda Praya Metro 15 Desa Terancam Balik ke Desa Induk

15 Desa Terancam Balik ke Desa Induk

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA Jalalludin

PRAYA —Sebanyak 15 desa di Lombok Tengah yang baru saja dimekarkan 2017 lalu terancam kembali bergabung ke desa induk. Hal itu dikarenakan mereka belum memenuhi syarat, salah satunya mempunyai fasilitas kantor desa.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Loteng, Jalalludin menyatakan, sejauh ini pihaknya mendapatkan laporan mengenai status desa-desa tersebut karena dianggap belum memenuhi syarat untuk pemekaran. Sehingga jika ke 15 desa itu hingga 2019 mendatang tidak kunjung memiliki kantor desa persiapan, maka mereka akan dikembalikan ke desa induk.
“Memang ada sebagian yang sudah membangunan, tapi baru pondasi saja,” ucapnya.
DPMD sendiri kata Jalal khawatir dengan sisa waktu yang hanya tinggal satu tahun. Sebab dengan waktu yang sesingkat itu, mereka sulit untuk merampungkan kantor desa mereka.
Menurutnya pria asal Kawo itu, lambannya pembangunan kantor desa pemekaran imbas dari kurangnya support dari desa induk dan masyarakat setempat. Jika saja masyarakat memiliki antusiasmes yang tinggi untuk memuluskan proses pemekaran, pasti dengan kurun waktu tiga tahun itu mereka akan bisa menuntaskan pembangunan kantor desa.
“Ambil saja 30 persen DD yang dimiliki, saya yakin pasti sudah selesai,” jelasnya.
Dari itu, pihaknya berharap kepada semua desa itu untuk segera membangun kantor desa persiapan sebagai syarat utama. Selain itu, pihaknya menekankan pada desa induk untuk membantu pembangunannya.
“Memang masih ada waktu, makanya kami dorong untuk segera membangun dulu,” cetusnya.
Pemekaran Desa diatur dalam Pasal 8 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Salah satu persyaratannya, sebuah desa bisa dimekarkan asal memenuhi syarat 400 KK atau 2 ribu jiwa. Selain itu desa pemekaran juga mesti memiliki fasilitas desa.
“Kita di DPMD hanya memfasilitasi agar sesegera mungkin definitif. Tapi yang berperan penting yakni Pemdes induk dan Pemdes persiapan itu,” jelasnya. (jay)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here