Beranda Praya Metro Pemkab Teken Fakta Integritas Gerekan Sadar Arsip

Pemkab Teken Fakta Integritas Gerekan Sadar Arsip

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA PENANDATANGAN: Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri sebelum menandatangi pakta entigritas pencanganan dan sosialisasi gerakan nasional sadar tertib arsip di Pendopo Bupati, kemarin.

PRAYA —Pemkab Lombok Tengah (Loteng) melalui Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri menandatangani fakta integritas pencanangan dan sosialisasi nasional gerakan sadar tertib arsip, kemarin.
Pendatangan fakta integritas gerekan sadar arsip itu bertujuan agar semua arsip di Loteng harus tertata rapi, sehingga mudah dicari bila dibutuhkan. Dalam kegiatan pencanangan maupun kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung di Pendopo Bupati. Hadir Kepala Arsip Nasional RI, Mustari Irawan dan semua SKPM Loteng.
Pathul Bahri menyampaikan, dia mendorong seluruh jajaran untuk tertib dalam mengelola arsip kedepanya. Hal itu lantaran, keberadaan arsip sangat penting. Selain untuk mewariskan informasi, arsip juga untuk merekam keputusan, tindakan dan memori sebelumnya.
“Saya dorong kepada seluruh perangkat daerah agar lebih tertib dalam pengelolaan arsip Negara,” pesan Pathul.
Wabup mengakui, saat ini pengelolaan arsip belum maksimal di setiap SKPM, pihaknya melihat asrip tidak tertata rapi di ruangan yang memang khusus disediakan. Namun pihaknya berharap, melalui sosialisasi ini, akan tumbuh kesadaran semua pihak untuk lebih peduli dan tertib dalam pengelolaan arsip.
“Biasanya arsip itu dianggap penting apabila sedang ada yang dicari. Maka saya harap ini menjadi perhatian,” tegasnya lagi.
Dia menambahkan, bagi dinas arsip dan perpustakaan harus membangun sebuah sistem pengarsipan yang terintegrasi dengan semua OPD di Loteng. Dengan demikian, akan menjadi dobel arsip yakni arsip di setiap OPD dan juga arsip tersebut tersimpan di perpustakaan dan arsip daerah.
“ Itu perlu dipikirkan sebuah sistem yang tentu saja tidak hanya sekadar menumpuk arsip semata, namun bagaimana arsip tersebut dapat terintegrasi secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI, Mustari Irawan menyatakan, pencanganan dan sosialisasi gerakan nasional sadar tertib arsip terus digalakkan karena kearsipan diatur dalam UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta Perka ANRI Nomor 7 Tahun 2001 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip.
“Tertib arsip untuk kepentingan kita semua,” ujarnya.
Dia menegaskan, pengarsipan sangat penting dilakukan, untuk itu pemerintah pusat saat ini sangat memperhatikan terkait pengarsipan tersebut dengan banyaknya regulasi yang ada.
“Hal itu memang agar kedepan apa yang kita kerjakan selalu ada arsip agar tidak menjadi masalah dikemudian hari,” tutupnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here