Beranda Praya Metro Janapria Bangun Dua Unit Sumur Bor

Janapria Bangun Dua Unit Sumur Bor

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SUMUR BOR: Salah satu desa sedang membangun sumur bor untuk menunjang kebutuhan air bersih bagi warga.

JANAPRIA —Pemerintah Desa Janapria, Kecamatan Janapria mulai tahun depan bakal membangun dua unit sumur bor di dua dusun. Program ini merupakan salah satu dari sekian program skala prioritas dalam bidang fisik.
Kades Janapria, Muhammad Nasir mengutarakan, fenomena kekeringan di desanya tidak hanya menyasar pemenuhan kebutuhan air irigasi, namun juga air bersih untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga warga. Hal ini pun membuat warga mengusulkan agar Pemdes hendaknya memprogramkan pembangunan sumur bor. Atas dasar usulan tersebut, mulai tahun depan pihaknya bakal mengalokasikan dana sebanyak Rp 120 juta lebih untuk ptogram itu.
“Lokasi awal di Dusun Bukit Awas dan Dusun Gempang dengan perkiraan kedalaman 60 meter,” ujarnya.
Dikatakan Nasir, untuk sementara ini Pemdes rencanakan dua unit di dua dusun dulu dikarenakan banyaknya usulan program fisik ke Pemdes. Namun ke depan tidak menutup kemungkinan bakal dianggarkan lagi di dusun-dusun lain, tergantung usulan dari masyarakat. Namun demikian, karena memasuki periode berikutnya sebagai Kades dan pada tahun-tahun sebelumnya tidak pernah diprogramkan demikian, dirinya berencana memasukkan program penuntasan krisis air bersih dan air irigasi dalam program baru di Rencana Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) sebagai dasar rujukan penyusunan program di RKPDes hingga APBDes. Rencana ini katanya, didasari oleh banyaknya warga yang mengeluh ketika musim kemarau tiba.
“Kita di sini berada di dataran tinggi, makanya mulai tahun depan akan coba memperhatikan soal air bersih ini,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here