Beranda Lombok Barat Disdukcapil Terkendala Alat dan Tenaga

Disdukcapil Terkendala Alat dan Tenaga

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Muridun

LOBAR —Pelayanan kependudukan bagi warga korban gempa di empat kecamatan di Lombok Barat (Lobar), tak berjalan mulus. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lobar memiliki keterbatasan alat dan tenaga untuk mendatangi korban gempa ke lokasi pengungsian. Padahal, beberapa dokumen kependudukan itu diperlukan oleh warga korban gempa sebagai syarat administrasi memperoleh bantuan.
“Tetap ada jadwal pelayanan se Lobar. Hanya kita dahulukan empat kecamatan itu, baru kecamatan lainnya,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Lobar, H Muridun, kemarin.
Dengan keterbatasan yang dihadapi, petugas dari Disdukcapil hanya mendatangibeberapa desa terdampak gempa. Sisanya ditempatkan di masing-masing kecamatan untuk melakukan pelayanan kependudukan, termasuk perekaman elektronik KTP. Selain itu, disiapkan alternative lain. Yakni pelayanan malam di Kantor Disdukcapil.
Pelayanan keliling kepada masyarakat korban gempa sudah berlangsung sejak bencana gempa menimpa. Meski Disdukcapil hanya mampu melayani sekitar 100 warga untuk pembuatan dokumen kependudukan. Sejauh ini, realisasi perekaman KTP sudah mencapai 90 persen. “Tinggal 10 persen, belum kita tambahkan dengan pendatang baru yang usianya 17 tahun. Ditambah lagi dengan mutasi penduduk,” ucapnya.
Berdasarkan pantauan, pelayanan di kantor Dukcapil sudah kembali normal. Sebelumnya, pelayanan dilakukan di luar gedung pascagempa melanda. Kini pelayanan sudah kembali ke dalam gedung. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here