Beranda Lombok Timur Dewan Soroti Wacana Pemekaran Desa

Dewan Soroti Wacana Pemekaran Desa

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’ I / RADAR MANDALIKA H Daeng Paelori

LOTIM – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur (Lotim), H Daeng Paelori menyoroti wacana pemekaran desa yang menjadi bagian dari kampanye Bupati dan Wakil Bupati Lotim. Alasannya, hingga saat ini pemekaran desa masih menyisakan masalah. Satu sisi ada yang euforia, sisi lain menimbulkan masalah besar. Karena tugas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) cukup berat, sehingga dimintanya peka terhadap visi dan misi Bupati.
“PMD jangan mengiyakan saja semua keinginan Bupati, tanpa melakukan kajian mendalam,” tegas H Daeng Paelori, Wakil Ketua DPRD Lotim di kantornya, kemarin.
Kembali ia menegaskan, dinas harus memberikan kajian walaupun itu keinginan Bupati. Bupati harus diberikan masukan positif dan negatifnya dalam hal pemekaran desa ini. Apalagi, di tengah masyarakat saat ini sudah mulai ribut masalah pemekaran tersebut. “Jadi, masalah pemekaran ini harus dipertimbangkan baik dan matang,” tegasnya lagi.
Ia mengungkapkan, pemerintah patut berkaca pada berbagai persoalan desa, imbas pemekaran yang sampai saat ini belum terselesaikan. Mulai dari masalah Desa Dasan Borok, Desa Gerung Permai dan beberapa desa lainnya. “PMD juga harus benar-benar menguasai semua wilayah yang ada di desa. Apalagi, program Bupati selain pemekaran desa, juga program satu desa satu lapangan, dan sebagainya,” tandasnya.
“Kita ingin, jangan hanya melempar wacana saja, tapi fakta dan kondisi di lapangan berbeda,” imbuhnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here