Beranda Praya Metro Desa Wisata Bonjeruk Terkendala Irigasi

Desa Wisata Bonjeruk Terkendala Irigasi

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA Rinamin

JONGGAT —Guna memaksimalkan potensi desa di bidang ekowisata menjadi bagian inovasi desa, Pemdes Bonjeruk menggodok desa wisata. Salah satunya dengan membuat akses pemancingan, tepatnya di Dusun Batu Jering dan Pekan Bat. Selain itu juga penyedia beragam kuliner di Dusun Kampung Ombak dan bersepeda santai di sekitar pematang sawah di sepanjang jalan desa. Namun seiring berjalannya waktu, niatan baik menggaungkan ekowisata dengan panorama pedesaan ini semakin loyo. Hal ini dikarenakan saluran irigasi yang kurang memadai.
“Kita sudah tanam ragam buah-buahan, termasuk buah naga di sepanjang lokasi wisatawan bersepeda itu. Tapi karena pengairannya tidak ada, tanaman itu banyak mati,” ujar Sekdes Bonjeruk, Rinamin.
Padahal lanjut dia, jika tanaman dan buah-buahan bisa tumbuh baik, tentu akan menjadi magnet bagi wisatawan. Sebab di lokasi itu, wisatawan bisa memetik sendiri buah-buahan secara gratis sembari bersepeda santai.
“Keberadaan Embung Jurang Sate di Batukliang yang menjadi salah satu sumber irigasi juga tidak mampu mengairi ladang dan persawahan kita. Padahal dulu pusat wisata ini kita buka setiap harinya,” sesalnya.
Ia berharap, dengan kondisi tanaman yang sulit tumbuh di musim kemarau ini, pemerintah kabupaten dan leading sektor terkait bisa mencarikan solusi agar pengembangan ekowisata bisa terwujud.
“Kita sudah anggarkan Rp 52 juta untuk bibit buah naga dan polybag untuk ragam tanaman ini agar bisa dikembangkan. Tapi percuma juga kalau tidak didukung dengan pengairannya,” tukasnya.
Sementara itu, Ketua BPD Desa Bonjeruk, H Mahruf menambahkan, sejak 2017 silam desa setempat sudah menggagas destinasi wisata baru menjadi inovasi di desa. Terlebih dengan daya tarik desa setempat dengan kekhasan gamelan dan wayang kulit menjadi tontonan menarik bagi wisatawan yang berkunjung. Terlebih, pemerintah desa menggandeng kelompok sadar wisata yang merupakan bagian dari pelaku industri pariwisata, seperti travel agency untuk mendatangkan wisatawan mengunjungi Desa Wisata Bonjeruk. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here