Beranda Lombok Barat Pendukung Petahana Kecewa Panitia Pilkades

Pendukung Petahana Kecewa Panitia Pilkades

BERBAGI
ILUSTRASI

LOBAR —Tahapan pendaftaran calon kepala desa (Kades) peserta pemilihan kepala desa (Pilkades), sudah mulai dilakukan beberapa panitia. salah satunya panitia di Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung. Namun proses pendaftaran ini dikeluhkan pendukung bakal calon (Bacalon) incumbent Kades Alman Faluti. Sebab panitia yang harusnya tetap siaga, justru tidak ada di tempat saat peserta ingin mendaftar.
Hampir sekitar 2,5 jam, petahana dan pendukungnya harus menunggu panitia datang, kemarin. Dari pukul 08.00 sampai 10.20 Wita, namun panitia tidak muncul satupun di sekretariat. “Sampai pukul 10.20 wita, ketua panitia dan anggotanya tidak ada di kantor sekretariat alias sepi. Ini artinya tidak professional. Bisa jadi ini strategi panitia untuk menjegal calon kami,” kata Ketua Tim Sukses Incumbent, Mas’ud.
Tudingannya itu bukan tanpa alasan. Sebab banyak isu di masyarakat, bahwa ketua panitia diduga menjagokan calon tertentu. Panitia Pilkades iminta bekerja secara profesional. Serta tetap berada di sekretariatan Pilkades untuk menerima pendaftaran dari pukul 08.00 sampai 16.00 wita. ”Kami sangat kecewa,” tegasnya.
Ketua Panitia Pilkades Dasan Tapen, Saparudin yang dikonfirmasi membenarkan tidak ada panitia waktu itu. Karena panitia saat itu tengah berada di tempat kerjanya tetap masing-masing. Ketua sendiri merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Ia mengharapkan para calon memaklumi pekerjaan tetap para panitia. Ia menyarankan agar terlebih dahulu mengkonfirmasi panitia saat ingin mendaftar. “Kalau daftar dikonfirmasi dulu kita, biar disiapkan semuanya. Apalagi ini petahana yang mendaftar, harusnya ada konfirmasi,” ungkapnya.
Menurutnya, pendaftaran untuk calon Kades Dasan Tapen dibuka dari tanggal 26 Oktober sampai 6 November mendatang. Sejauh ini belum ada satupun calon yang mendaftar. Sebagian baru mengambil formulir pendaftaran.
Penetapan calon pun akan dilakukan pada tanggal 22 November. Sekaligus pencabutan nomor urut. Para calon yang sudah mendaftar akan menerima tahapan pelaksanaan Pilkades. Seperti pemasangan APK untuk kampanye, waktu tenang, hingga pencoblosan pada 10 Desember. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here