Beranda Headline 27 Cakades Ajukan Gugatan

27 Cakades Ajukan Gugatan

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA HL Muhammad Amin

PRAYA —Sebanyak 27 desa dari 96 desa yang menggelar Pilkades 24 Oktober lalu mengajukan gugatan kepada tim Penyelesaian Sengketa Pilkades Kabupaten. Gugatan ditujukan kepada panitia atau Cakades rivalnya.
Menanggapi hal tersebut, siang kemarin tim yang terdiri dari berbagai unsur melakukan pertemuan tertutup di ruang Tastura Kantor Bupati Loteng. Pertemuan dilakukan untuk menyatukan pandangan dalam menyelesaikan semua gugatan tersebut. Selain itu, tim juga membagi wilayah penyelesaian menjadi tiga zona, yakni zona utara, tengah dan selatan.
“Setelah rapat, tim akan turun ke 27 desa yang mengajukan gugatan itu,” ungkapnya.
Dikatakan, jika melihat secara substansi, gugatan dari 27 desa itu memang berbeda-beda. Ada gugatan karena dugaan salah satu Cakades gunakan ijazah palsu, dugaan penggelembungan suara hingga dugaan money politik. Begitupun juga soal banyaknya surat suara batal, gugatan atas dibatalkan surat suara yang coblosannya yang tembus dan problem lainnya.
“Kita targetkan semuanya tuntas paling lambat sebulan ke depan. Karena tim juga akan memeriksa gugatan itu berdasarkan bukti-bukti yang diajukan oleh penggugat,” cetusnya.
Mantan Kepala Bappeda Loteng ini menambahkan, terkait dengan persoalan sah dan tidaknya surat suara yang tembus simetris di luar kotak foto calon, sudah diatur dalam Permendagri nomor 112 tahun 2014 sebagai salah satu acuan terbitnya Perda nomor 1 tahun 2016 dan Perbup nomor 12 tahun 2018 tentang Pilkades. Oleh karena itu, ia menilai apa yang dilakukan oleh panitia Pilkades yang membatalkan surat suara yang dilarang oleh regulasi diatas sudah tepat. Namun demikian, terhadap gugatan yang substansinya seperti itu ia menyerahkan sepenuhnya kepada tim sengketa.
Sementara Kepala DPMD Loteng, Jalaludin yang dikonfirmasi usai melakukan pertemuan tertutup dengan anggota tim sengketa enggan berkomentar banyak.
“Bagaimana hasil pertemuan itu, silakan tanya Pak Sekda saja,” singkatnya. (tar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here