Beranda Lombok Timur Sekolah Rusak Berat Ditangani Kementerian PUPR

Sekolah Rusak Berat Ditangani Kementerian PUPR

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA H Lalu Suandi

LOTIM – Dari 292 Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi di Lombok Timur (Lotim), sebanyak 24 unit mengalami rusak berat. Sekolah mengalami rusak berat ini, ditangani penuh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
“Apakah PUPR menggunakan pihak ketiga atau tidak, kami kurang tahu,” kata H Lalu Suandi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lotim, di kantor Bupati, kemarin.
Sementara sekolah yang mengalami rusak sedang, ditangani Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim. Saat ini yang sedang berproses, sebanyak 70 lebih sekolah yang rusak sedang. Sekolah katagori rusak sedang, terlebih dahulu dilakukan perbaikan, baru ditempati sebagai tempat belajar mengajar.
Para siswa yang sekolahnya mengalami rusak berat maupun rusak sedang, dibangunkan sekolah sementara. Pembangunan sekolah sementara, sesuai dengan kebutuhan sekolah tersebut.
“Pada prinsipnya, proses rehab sekolah tetap dikerjakan secara swakelola. Kecuali sekolah berat ditangani PUPR, kami tidak tahu,” tegasnya.
Sejauh ini ungkap Suandi, seluruh kegiatan belajar mengajar sudah berjalan disemua sekolah yang ada. Kendati pun belajar mengajar berlangsung di bawah tenda untuk sekolah mengalami rusak sedang. Namun yang jelas, proses belajar mengajar (PBM) siswa berada pada tempat yang aman dan nyaman. “Khusus sekolah mengalami rusak berat, kita bersihkan dulu baru dibangun PUPR,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here