Beranda Praya Metro Rencana Relokasi, Pelapak Selong Belanak Pasrah

Rencana Relokasi, Pelapak Selong Belanak Pasrah

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA BERSIHKAN: Salah satu lapak di bibir Pantai Selong Belanak.

PRABAR —Puluhan pedagang di bibir Pantai Selong Belanak segera direlokasi. Rencana ini pun sudah dimatangkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Loteng dan instansi terkait lainnya. Lantas, bagaimana respons pedagang atas rencana tersebut?
Salah satu pedagang, Hariono menyatakan, meski lahannya belum ditentukan, namun dirinya serta 49 pedagang lainnya siap direlokasi. Begitu pun dengan retribusi yang akan dipatok Pemdes di lahan baru nantinya.
“Yang jelas kami siap patuhi aturan. Kami tidak mau menuntut apa-apa,” tuturnya.
Hal senada disampaikan pedagang lainnya, Sahri. Kata dia, pedagang di bibir pantai Selong Belanak sebenarnya sudah memahami aturan yang berlaku. Sebagaimana diatur bahwa warung dan tempat usaha di objek wisata harus berjarak minimal 50 meter dari bibir pantai.
“Tapi karena ramai makanya kita bikin di sini,” ungkapnya.
Mereka mengaku legowo dipindahkan, asal ada sosialisasi dari pemerintah, termasuk jaminan di lahan yang baru nantinya.
Terpisah, Kades Selong Belanak, L Yahya yang dikonfirmasi membenarkan adanya wacana relokasi tersebut. Dirinya bahkan sempat diundang Asisten II Setda Loteng selaku koordinator di tingkat kabupaten guna memuluskan rencana itu. Hanya saja, hal ini masih dalam tahap koordinasi, belum menjurus ke arah eksekusi.
“Semuanya kita serahkan sepenuhnya ke Pemkab. Kami juga di desa belum mengetahui kemana mereka akan dipindah,” ungkapnya.
Meski demikian, ia berharap rencana relokasi ini betul-betul dikomunikasikan dengan baik bersama Pemdes. Sehingga rencana itu tidak menimbulkan polemik di kemudian hari. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here