Beranda Mataram Monumen Tidak Tuntas Tahun Ini

Monumen Tidak Tuntas Tahun Ini

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Mahmudin Tura

MATARAM —Pembangunan Monumen Mataram Metro beserta pintu gerbang di perbatasan Kota Mataram dengan Lombok Barat, kembali dilanjutkan. Kedua bangunan itu berada di jalur bypass BIL di wilayah selatan Kota Mataram.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H Mahmudin Tura mengatakan, kontrak pembangunan monument hingga pertengahan Desember 2018. “Progress monumen sudah 70 persen untuk pondasinya saja. Kalau gerbang masih di bawah 50 persen,” katanya, kemarin.
Alasannya, 90 persen material untuk gerbang merupakan produk pabrikan. Rencananya, di minggu pertama November akan dikirim material gerbang oleh pihak pabrik. “Sebagian besar konstruksi gerbang dari baja. Awal November akan dikirim barangnya, dan langsung distel,” imbuhnya.
Melihat progress pembangunan itu, Mahmudin tetap optimistis pengerjaan tepat waktu. Meski muncul kekhawatiran dengan kondisi cuaca. “Memang bukan pekerjaan yang berkaitan dengan air. Semua pakai baut, tapi tetap khawatir juga dengan kondisi cuaca,” ungkapnya.
Ditambahkan, pengerjaan monument memang tidak akan tuntas tahun ini. Melainkan akan dilanjutkan tahun depan. Dengan anggaran dialokasikan di APBD murni 2019 mencapai Rp 11 miliar. “Kebutuhannya Rp 15 miliar. Sudah tersedia Rp 4 miliar. Kalau gerbang, pagu anggarannya Rp 6 miliar,” sebutnya.
Mengenai anggaran di tahun depan, diyakini tetap disiapkan. Meski sebagian besar anggaran diarahkan untuk rehabilitasi pascabencana gempa. “Monumen ini ikon Kota Mataram, jadi masuk skala prioritas. Apalagi ini sudah tahun kedua dikerjakan,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here