Beranda Lombok Barat Tes SKD Dimulai 1 November

Tes SKD Dimulai 1 November

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Agus Rahmad Hidayat

LOBAR —Pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Lombok Barat (Lobar), akan dimulai awal November medatang. Hal ini dipastikan Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Lobar setelah menerima jadwal dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Tes SKD dengan sistem computer assited test (CAT) itu akan digelar selama empat hari. Mulai tanggal 1 sampai 4 November, bertempat di gedung Grand Imperial Ballroom Kota Mataram.
Kabid Pengadaan Penempatan Fasilitas Purna Tugas BKDPSDM Lobar, Agus Rahmad Hidayat menerangkan, tes dibagi lima sesi perhari. Satu sesi akan berlangsung sekitar dua jam. Terdiri dari 460 peserta tes. Sehingga dalam sehari akan diikuti sekitar 2.300 peserta tes, dengan waktu mencapai sekitar 10 jam.
“Kecuali hari Jumat (2/11), hanya empat sesi. Diperkirakan kurang dari empat hari selesai,” terangnya.
Pembagian waktu tes bagi peserta akan diumumkan melalui halaman website resmi BKDPSDM Lobar. Sesuai dengan ketentuan, para peserta yang mengikuti tes diminta untuk membawa kartu peserta ujian yang sudah dicetak melalui halaman SSCN. Serta membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli. “Selain itu, dilarang dibawa masuk ruangan tes,” tegasnya.
Pelarangan itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan atau adanya calo dan joki tes. Agus memastikan, pemeriksaan yang biasa menjadi standar di bandara akan diberlakukan sebelum memasuki ruangan. “Soalnya di kanan kiri depan belakang beda. Hasil tes juga langsung keluar di layar monitor,” sambungnya.
Terkait kemungkinan bocornya soal tes, Agus menampiknya. Sebab soal itu langsung dibawa BKN. Kemudian kabupaten/kota memiliki soal yang berbeda. “Mungin akan ada yang sama tapi, di daerah lain. Mungkin di NTT atau di Aceh. Insya Allah nggak ada (bocor),” tegasnya.
Para peserta yang lulus TKD, selanjutnya akan mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Untuk jadwal belum bisa disampaikan. Sebab masih akan menunggu dari BKN. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here