Beranda Praya Metro Terapkan PHBS, Kelurahan Butuh Pendampingan

Terapkan PHBS, Kelurahan Butuh Pendampingan

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA APRESIASI: Sekda Loteng, HM Nursiah bersama para lurah peraih juara kebersihan lingkungan antar kelurahan, Minggu malam.

PRAYA —Dinas Lingkungan Hidup (LH) Lombok Tengah diharapkan bisa menindaklanjuti hasil lomba kebersihan lingkungan tahun ini. Hal ini dipandang penting agar pola hidup bersih dan sehat (PHBS) di tengah masyarakat tetap dipertahankan.

“Kita bersyukur dapat menyabet juara pertama dalam lomba kebersihan lingkungan tahun ini. Tapi kita juga butuh pendampingan agar PHBS ini tetap berjalan,” ujar Lurah Tiwu Galih, Kharul Rijal.
Dijelaskan, upaya yang dilakukan untuk meraih predikat tersebut tidak muluk-muluk. Sebab sejak lama pihaknya sudah mengampanyekan agar masyarakat bisa terbiasa menerapkan PHBS di masing-masing lingkungan. Selain itu, ketersediaan armada juga menjadi kendala.
“Armada pengangkut sampah kita belum ada. Untuk kontainer juga baru dua, di RSUD Praya dan Pasar Bulayak,” terang Rijal.
Dari itu, ia berharap ada pembinaan berkelanjutan dari Dinas LH terkait pengolahan sampah tersebut, baik sampah organik maupun anorganik.
Sementara itu, Lurah Gerunung, LM Hazni mengungkapkan, meski di kelurahannya tidak mendapat juara, namun pihaknya tetap melakukan beragam terobosan agar lingkungannya tetap bersih. Salah satunya dengan menjemput program pembangunan irigasi tersier dari BWS. Sehingga ia berharap lomba seperti ini tetap digelar dan bisa melakukan berkoordinasi maksimal agar kelurahan bisa mempersiapkan diri lebih matang. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here