Beranda Headline Melihat Gebrakan Baznas Kabupaten Lombok Tengah

Melihat Gebrakan Baznas Kabupaten Lombok Tengah

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SALURKAN BANTUAN: Para Komisioner Baznas Loteng saat disalami santri yang baru saja wisuda dan seorang guru.

Bina Guru Tahfiz Alquran dan Guru Qiroatul Qutub di Seluruh Ponpes

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), tak ada henti memberikan gebrakan kendati usia berdirinya lembaga ini, baru seumur jagung. Kali ini, Baznas mulai melirik keberadaan dan potensi di pondok pesantren (Ponpes).
DIKI WAHYUDI-LOTENG
BELUM lama ini, Baznas Loteng pernah memberikan kejutan berupa berhasil memperoleh wajar tanpa pengecualian (WTP), dalam pengelolaan dan pelaporan di internalnya. Hasilnya ini cukup membuat warga Loteng bangga atas menejemen Baznas.
Sekarang, Baznas mulai melebarkan sayap dengan melirik keberadaan Ponpes di Loteng. Sasaran utamanya yakni, para santri bahkan gurunya. Diam-diam Baznas mendidik sejumlah santri untuk dijadikan penghafal alquran. Tapi sekarang, Baznas membina guru tahfiz alquran dan guru qiroatul qutub seluruh Ponpes di Gumi Tastura.
Sebelumnya, Sabtu (27/10) Baznas sempat menghadiri wisuda tahfiz kedua tahfiz alquran di Ponpes Yanurain NW, Gonjong. Pihak Baznas sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Ponpes setempat. Salah satu bentuk dukungan dari Baznas memberikan dukungan dana pembinaan kepada para santri dan santriwati yang telah menghatamkan alquran 30 Juz. Dukungan dana pembinaan yang diberikan oleh Baznas Rp. 2 juta kepada masing-masing santri dan santriwati .
Pada wisuda di Ponpes Yanurain NW Gonjong, santri dan santriwati yang diwisuda sejumlah 12 orang, sehingga bantuan yang telah disalurkan oleh Baznas sejumlah Rp. 24 juta. Kelebihan yang dimiliki oleh santri dan santriwati yang mondok di Ponpes Yanurain NW Gonjong adalah, para santri dan santriwati mampu menghafal jumlah ayat di setiap halaman alquran, mampu menghapal ayat ganjil maupun genap yang berada di setiap halaman alquran.
Pimpinan Pondok Pesantren Yanurain NW Gonjong TGH. Mustamin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Baznas Lombok Tengah yang telah memberikan dana pembinaan kepada para santri dan santriwati yang telah menghatamkan hafalan alquran 30 Juz. Lebih lanjut, TGH. Mustamin mengatakan, ini merupakan penyemangat bagi para santri dan santriwati yang lain, agar lebih bersemangat dalam menghafal dan mempelajari alquran.
Pada wisuda kali ini juga dihadiri oleh Syekh. Adnan Al-Top Hafizahullah yang langsung datang dari Madinah untuk menyaksikan, menyimak dan sekaligus memberikan pengajian umum kepada para santri dan wali santri serta masyarakat. Syeh Adnan Al-Top Hafizahullah dalam ceramahnya menyampaikan, para penghapal alquran akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di surga, orang tuanya mendapat mahkota kemuliaan di akhirat dan mampu memberikan syafaat kepada keluarganya yang akan masuk ke neraka. Sebab, karena syafaat dari keluarganya yang menjadi penghafal alQuran sehingga Allah ampunkan dosanya dan memasukkannya ke dalam surga.
Baznas disamping memberikan dukungan kepada para santri dan santriwati yang mampu menghafal 30 Juz, 20 Juz dan 10 Juz, juga memberikan insentif secara rutin setiap bulan kepada guru-guru tahfiz Alqur’an dan guru qiroatul qutub di Ponpes yang berada di Lombok Tengah. Sampai dengan bulan ini Baznas telah memberikan insentif kepada Guru Kitab sebanyak 270 orang dengan nilai Rp. 338.500.000. Sedangkan untuk Guru Tahfiz Baznas Lombok Tengah telah memberikan insentif sebanyak 58 orang dengan nilai Rp. 118.250.000. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here