Beranda Lombok Barat Batu Kumbung Buka Pendaftaran Pilkades

Batu Kumbung Buka Pendaftaran Pilkades

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA DAFTAR: Salah seorang calon Kades (kiri) menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia Pilkades Batu Kumbung.

LOBAR —Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar sudah memulai penjaringan pendaftaran calon. Pendaftaran dimulai dari 22-31 Oktober 2018, pukul 14.00 Wita. Sudah ada dua bakal calon (Bacalon) kepala desa (Kades) yang mendaftar, kemarin. Keduanya mendaftar pada hari yang sama, namun pada waktu berbeda.
“Sudah ada H Marni dan H Wiria yang mendaftar,” kata anggota panitia Pilkades setempat, Mariadi Idris yang ditemui selepas menerima pendaftaran, kemarin.
Penetapan calon akan dilakukan tanggal 31 Oktober. Pihaknya memastikan tidak akan ada masa perpanjangan pendaftaran. Sebab sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup), perpanjangan waktu ada syaratnya. Hanya akan dilakukan jika hingga masa waktu pendaftaran berakhir, peserta yang mendaftar hanya satu orang.
Setelah pendaftaran itu, akan dilakukan verifikasi berkas dari paslon. “Kalau perbaikan berkas tiga hari setelah penetapan,” ungkapnya.
Terkait lebih dahulunya Desa Batu Kumbung membuka pendaftaran, menurut Mariadi, lantaran jadwal tentatif yang sudah disusun panitia lebih dahulu keluar dari pada bimtek yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lobar.
Terlebih lagi sudah ada tahapan yang dilakukan pihaknya. Sehingga tidak mungkin menarik kembali jadwal yang sudah tersebar ke masyarakat. “Kami mengacu saja aturan yang disusun, tidak mungkin kami tarik. Apalagi selebaran, spanduk dan sosialisasi sudah kami lakukan,” ungkapnya.
Sesuai dengan tahapan, selanjutnya akan melakukan penjaringan untuk KPPS. Hingga melakukan pemutahiran data daftar pemilih sementara (DPS) untuk menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Sejauh ini jumlah DPS yang dimiliki sebanyak 5.218 pemilih. “Kemarin kami sudah coba-coba mengedit lagi kemungkinan ada penambahan, karena di aturan ada penambahan sekitar 2,5 persen untuk kartu suaranya,” sambungnya.
Terkait masa kampanye, akan dilakukan selama tiga hari. Mulai dari 4-6 Desember. Sedangkan 7-9 Desember masuk masa tenang dan 10 Desember pencoblosan.
Pihaknya mengingatkan kepada para calon tidak melakukan kampanye dengan menyebarkan isu negative. KPPS pun akan dibentuk mulai pekan depan. Pihaknya pun sudah menyampaikan kepada para kadus untuk mengecek dan mengumumkan kepada masyarakat terkait DPS.
“Kalau belum tercantum di DPT bisa menyampaikan kepada kepala dusun, selanjutnya panitia sampaikan nama yang belum tercantum ke KPU,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here