Beranda Headline Baru Dua Madrasah Ajukan BOS

Baru Dua Madrasah Ajukan BOS

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika Muksin

KLU —Madrasah di Kabupaten Lombok Utara sepertinya harus segera melakukan proses pengajuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Hal ini dalam upaya menunjang operasional kegiatan belajar mengajar. Pasalnya menjelang tutup tahun anggaran 2018 ini untuk pencairan dana BOS semester kedua baru terdapat dua madrasah yang melakukan pengajuan dan telah menerima pencairan. Sementara sisanya belum ada tanda-tanda madrasah melakukan pengajuan kepada pihak Kemenag.
“Jumlah madrasah kita di Lombok Utara mencapai 104, namun yang tercatat sudah mengajukan dana BOS hanya dua madrasah,” ungkap Kepala Kemenag Lombok Utara, H Muksin, kemarin.
Muksin pun tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab madrasah yang belum, sehingga lamban melakukan pengajuan. Padahal untuk pencairan semester dua ini sudah dibuka sejak bulan Juli lalu hingga Desember. Nantinya jika sudah berakhir tahun 2018 jelasnya, madrasah tidak bisa lagi melakukan pengajuan oleh karena itu Muksin meminta kepada madrasah agar segera menindaklanjuti proses pencairannya yang sudah berlangsung untuk semester kedua tersebut.
Madrasah yang hingga kini belum mengajukan bantuan dana BOS tentu dikhawatirkan akan kesulitan dalam operasionalnya. Pasalnya untuk kegiatan belajar dan kebutuhan madrasah harus didanai dari dana BOS tersebut namun pihak kemenag sendiri mengaku bingung dari mana madrasah mendapatkan anggaran sehingga sampai dengan saat ini masih banyak yang belum mengajukan anggaran BOS.
Dalam proses pencairan dana BOS madrasah cukup mengajukan laporan penggunaan anggaran dana BOS pada semester sebelumnya, setelah dinyatakan sesuai laporannya baru Kemenag memberikan rekomendasi untuk pencairan dengan mengajukan ke KPPN untuk memproses SP2D selanjutnya kepada pihak bank yang mencairkan bantuan dana BOS tersebut.
“Jika sudah memenuhi syarat pelaporan madrasah dan tidak ada kekurangan baik itu buku rekeningnya, maka kita tinggal merekomendasikan dan pada akhirnya dana itu bisa cair,” jelasnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here