Beranda Lombok Utara 59 Pokmas Terbentuk di Akar Akar

59 Pokmas Terbentuk di Akar Akar

BERBAGI
Ist/RADAR MANDALIKA DISKUSI: Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar saat melakukan dialog kepada korban bencana gempa bumi di Desa AKAR-AKAR, kemarin.

KLU —Desa Akar-akar Kecamatan Kayangan mempercepat proses syarat pencairan bantuan stimulan dengan membentuk kelompok masyarakat (Pokmas). Di desa ini telah terbentuk sebanyak 59 Pokmas. Dari itu, Sabtu (28/10), Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar bersama Sekda H Suardi dan perwakilan Kogasgabpad Hengky YS menyelenggarakan sosialisasi rehabilitasi/rekonstruksi kepada 59 Pokmas) yang telah terbentuk tersebut.
Dalam pertemuan itu, dipaparkan gambaran tentang pembangunan rumah tahan gempa.
Bupati Najmul sendiri mengapresiasi jajaran Pemerintah Desa, baik kades, kadus serta masyarakat setempat dalam rangka mempercepat penanggulangan bencana pada tahap transisi ke pemulihan. Dengan terbentuknya Pokmas di wilayah itu maka tidak lama lagi anggaran tersebut dapat dicairkan.
“Akar-akar bisa menjadi contoh untuk desa lainnya untuk membentuk Pokmas,” tutur Najmul.
Sementara itu Kades Akar-akar, Akarman menyampaikan perlunya mempercepat proses pemulihan untuk pembentukan Pokmas. Kepala Desa pun memberikan hadiah kepada kadus yang terlebih dahulu dan paling cepat selesai membentuk Pokmas di Desa Akar-akar.
“Kami selalu sampaikan kepada kadus setiap Senin, ketika upacara atau di tempat lain bahwa dalam rangka mempercepat proses pendataan rumah terdampak gempa bumi, kadus diminta turun langsung ke lapangan menemui masyarakat,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Kogasgabpad Hengky YS menyampaikan selalu siap ketika masyarakat ingin berdiskusi tentang rumah tahan gempa atau membantu masyarakat dalam hal menyiapkan kebutuhan bahan dan tenaga pendampingan pembangunan rumah.
“Intinya, masyarakat ikuti aturan dari pemerintah, kami siap membantu,” tegasnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here