Beranda Lombok Barat Daerah Dirugikan Hotel Tak Setor Pajak

Daerah Dirugikan Hotel Tak Setor Pajak

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TERBANGUN: Salah satu penginapan yang ada di kawasan Sekotong.

LOBAR —Beberapa pajak penginapan atau hotel di wilayah Sekotong, belum terdaftar di Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Lombok Barat (Lobar). Imbasnya kepada potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tidak terpungut.
Hal itu dianggap Ketua Komisi II DPRD Lobar, Andi Irawan sebagai kerugian. “Kalau belum masuk (daftar), tentu tidak ada pajak di situ,” kata Andi belum lama ini.
Politisi asal Sekotong ini berencana turun bersama Bapenda, Dinas Perizinan, dan Satpol PP. Untuk mengindenfikasi hotel di kawasan paling selatan Lobar itu. Langkah tegas juga akan dilakukan, jika ditemukan hotel tak berizin atau melanggar peraturan daerah (Perda).
“Kita akan tidak tegas, karena ini akan mempengaruhi kemajuan Sekotong,” tandas politisi PAN ini.
Menurutnya, ada sekitar lima hotel yang diduga belum mendaftarkan pajaknya ke Bapenda. Namun tetap beroeprasi. Termasuk Marina yang berada di Gili Gede. “ Ini yang mau kita tahu sampai sejauh mana perizinan yang dimiliki,” imbuhnya.
Sementara itu, Plt Kepala Bapenda, Darsapardi mengaku sudah dipanggil Komisi II terkait masalah itu. Pihaknya bersama Komisi II akan turun bersama mengecek wajib pajak yang belum memiliki izin. “Nanti kita sama-sama dengan Dinas Perizinan juga, melakukan pendataan, penggalian sumber-sumber PAD,” ungkap Sapardi yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (26/10).
Ia tidak membantah ada beberapa wajib pajak (hotel) yang belum terdaftar di Bapenda. Jumlahnya diperkirakan hanya satu sampai dua hotel. Meski demikian, pihaknya akan terus mengoptimalkan pendataan seluruh potensi pajak. “Inikan juga untuk peningkatan PAD kita,” ucapnya.
Sampai saat ini, pajak masih menjadi sumber terbesar PAD di Lobar. Seperti dari pajak hotel, restoran maupun tempat hiburan. Kawasan Senggigi masih menjadi penyumbang sumber pajak terbesar. Selain Sekotong yang akan terus dioptimalkan. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here