Beranda Headline Hebat, PMI Juga Siapkan Hunian Tetap

Hebat, PMI Juga Siapkan Hunian Tetap

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika CEK LOKASI: Federasi dan Pengurus PMI Pusat didampingi PMI Kabupaten Lombok Utara saat meninjau lokasi pembangunan Pustu yang ditangani PMI, kemarin.

KLU —Selain membangun hunian sementara (Huntara), Palang Merah Indonesia (PMI) juga berencana membangun 40 hunian tetap (Huntap) kepada warga korban gempa. Sebagai tindaklanjut rencana tersebut, Federasi America Red Cross, Nepal Red Cross dan Pengurus PMI Pusat terjun langsung ke lapangan guna meninjau lokasi pembangunan.
“Huntara kan 25 unit perdesa. Nah kalau Huntap, rencananya 40 unit,” ungkap Kordinator Lapangan Tanggap Darurat Bencana PMI Pusat, Budi Kusuma.
Sementara untuk Huntap ini, satu hunian akan menelan biaya sebesar Rp 50 juta. Sehingga akan disiapkan biaya sebesar Rp 2 miliar oleh PMI.
Sementara Ketua Pengurus PMI Lombok Utara, Endri Susanto menjelaskan, sebagai wujud kepedulian kepada korban gempa Lombok, PMI juga melakukan pendampingan pemberdayaan perekonomian masyarakat. Pendampingan ini dalam bentuk membantu pengembangan pembibitan hortikultura, pembibitan ikan air tawar dan juga usaha mikro kecil menengah. Dimana PMI menyalurkan bantuan bibit dan pipanisasi serta mesin penyedot air untuk mendukung pengembangannya.
“Kami sendiri juga saat ini fokus untuk melakukan pembangunan Pustu di beberapa titik. Dalam penanganan pemulihan di Lombok, PMI putuskan akan bekerja selama 18 bulan sejak bencana,” ujar Endri.
Sementara itu, Surge Delegate Federasi American Red Cross, David Andre Strobel menyampaikan apresiasi atas kinerja PMI dalam membantu pemulihan di Lombok Utara. Ia menyampaikan federasi palang merah dan bulan sabit sangat mendukung apa yang menjadi kegiatan PMI dalam pemulihan bencana di Lombok saat ini. Federasi sendiri memiliki target dapat menangani 20 ribu kepala keluarga korban bencana gempa di Lombok.
“Saya sendiri sangat terkesan dengan camp wash yang dibangun PMI. Relawan juga sangat kompak,” ujarnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here