Beranda Lombok Barat Harapkan Pilkades Bersih dan Damai

Harapkan Pilkades Bersih dan Damai

BERBAGI
ILUSTRASI

LOBAR —Tahapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Lombok Barat (Lobar), sedang berlangsung. Pembentukkan panitia Pilkades sudah dilakukan sejumlah desa peserta Pilkades serentak. Salah satunya Desa Dasan Tapen, Kecamatan Gerung. Pelaksanaan Pilkades yang bersih, damai dan berintegritas diharapkan masyarakat setempat.
Tokoh pemuda setempat, Mas’ud mengingatkan panitia Pilkades Desa Dasan Tapen untuk bersikap profesional dan netral. Selain harus mampu menciptakan suasana Pilkades yang damai. Apalagi kemungkinan akan banyaknya peserta Pilkades. Sehingga harus mampu meredam tindakan yang dapat memicu terjadinya konflik antar pendukung.
“Pilkades serentak sangat berpotensi menimbulkan konflik, untuk itu panitia harus netral dan profesional. Jangan memihak pada salah satu calon,” tegasnya, kemarin.
Berbeda dengan Pilkades sebelumnya. Tahun ini diprediksi akan banyak kontestan di Pilkades. Sebab antusias masyarakat yang ingin menjadi calon Kades sangat tinggi. Tentu akan menimbulkan persaingan yang ketat. “Kesuksesan Pilkades itu tergantung kinerja panitia. Apabila ada sikap keberpihakan atau terbuka memberikan dukungan, maka tidak menutup kemungkinan akan memicu terjadinya masalah,” imbuhnya.
Beberapa hal perlu diperhatikan penyelenggara. Seperti sikap ego sentris panitia dalam menafsirkan aturan. Jangan sampai ada panita yang menafsirkan sendiri aturan maupun tata cara Pilkades, tanpa konfirmasi dengan pihak terkait.
Ia mencotohkan surat yang diterima salah satu bakal calon kades. Isi surat itu meminta menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK). Namun hal ini dinilai keliru karena hingga kini belum ada calon kepala desa yang ditetapkan. “Panitia jangan buat aturan sendiri. Di Perbup dan Juklak Pilkades sudah jelas tentang aturan tersebut. Calon kades saja belum ditetapkan,” katanya.
Selain itu, beberapa syarat pencalonan kades juga perlu menjadi atensi. Panitia diminta berpegang teguh pada Perbup maupun Juklak Pilkades yang sudah ada. Termasuk mensosialisaikan regulasi pelaksanaan Pilkades serentak kepada masyarakat dan para calon Kades yang akan mendaftar.
“Saya harapkan Pilkades serentak ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Begitu pun pihak keamanan agar tetap siaga mengawal selama Pilkades,” harapnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here