Beranda Lombok Barat Funbike Nusantara Dihelat 11 November

Funbike Nusantara Dihelat 11 November

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA RAKOR: Suasana rapat koordinasi (Rakor) persiapan even Funbike Nusantara di Hotel Montana Senggigi, kemarin.

LOBAR —Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) terus berusaha mengembalikan geliat dunia pariwisata pascagempa. Untuk itu, berbagai event digelar disejumlah lokasi pariwisata Gumi Patut Patuh Patju. Seperti event Pesona Senggigi yang belum lama ini digelar, kemudian Mekaki Marathon yang menyusul dilaksanakan dalam waktu dekat. Masih ada event olahraga Funbike Nusantara yang akan digelar 11 November 2018 mendatang.
Berlokasi di wilayah Senggigi, Funbike Nusantara ini akan menempuh rute 10 kilometer. Selain itu, berbagai kegiatan seperti senam dan hiburan akan digelar dalam even yang bekerjasama dengan Hotel Montana ini.
Demi memantapkan persiapan event itu, Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Lobar melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait. Seperti Dinas pariwisata, Kepolisian hingga pelaku wisata. Berbagai masukan dan saran diterima pihak penyelenggara. Seperti kurang dilibatkannya sejumlah pelaku usaha di wilayah Senggigi. Termasuk tidak adanya artis yang dihadirkan untuk memeriahkan kegiatan, sekaligus menjadi daya tarik. Kemudian permasalahan lokasi tempat parkir bagi para peserta. Hingga lokasi titik rawan pada jalur funbike yang akan ditempatkan petugas kesehatan.
Menanggapi masukan itu, Plt Dispora Lobar, Ma,ad Adnan mengaku sudah ada koordinasi dengan beberapa pengusaha hotel di Senggigi. Bahkan telah ada support yang diberikan oleh sejumlah hotel, berupa voucher menginap sebagai doorprize bagi peserta. “Beberapa hotel mengaku sudah siap (memberi support, Red),” ujarnya saat rakor di Hotel Montana Senggigi, kemarin.
Hanya saja untuk menghadirkan artis ibukota, Ma,ad mengaku terbentur anggaran. Apalagi pascabencana, pendapatan daerah ikut terpengaruh. Meski demikian pihaknya berupaya tetap menghadirkan arti lokal. “Kita sesuaikan dengan budget, karena kondisi,” ucapnya.
Pendaftaran funbike ini gratis. Peserta ditargetkan tembus 2.500 orang. Sejauh ini jumlah pendaftar tercatat 765 orang. Terdiri dari 519 lebih dari kantor Dispora dan 246 orang dari Hotel Montana. Jumlah itu belum termasuk 45 OPD, 10 kecamatan, serta sekolah.
“Kita sudah keliling ke sekolah memberikan undangan. Khususnya sekolah yang ada di sekitar lokasi kegiatan diminta peserta sebanyak 100 orang per sekolah. Belum lagi komunitas sepeda yang segera mendaftar dari Lotim dan Loteng,” bebernya.
Terkait hadiah, sudah ada sejumlah sponsor yang siap menyumbangkan hadiah. Seperti 3 unit sepeda dari Presiden Jokowi, 2 unit sepeda dari Dispora, 1 unit kulkas, 5 unit kipas serta ada sponsor yang menyumbang televisi.
Adapula sumbangan baju, seperti dari Pelindo dan PDAM. Serta bantuan Kemenpora sebanyak seribu baju.
Pada rapat itu juga terdapat masukan agar rute menyasar ke perkampungan untuk melihat dampak korban gempa yang sudah bangkit. Menurutnya, hal ini menjadi masukan yang bagus dan akan dipertimbangkan.
Sementara itu Asisten III Setda Lobar, H Fahturrahim meminta pihak panitia mempersiapkan segala sesuatu untuk mendukung pelaksanaan event nasional ini. Mulai dari panggung, listrik, pengamanan, rekayasa lalu lintas serta parkir kendaraan. Kesemuanya penting agar tidak menimbulkan kemacetan.
Berbagai event di Lobar bertujuan membangkitkan pariwisata pascabencana. “Kondisi pariwisata saat ini masih belum normal. Diharapkan melalui berbagai even ini mempercepat pemulihan pariwisata,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here