Beranda Mataram Dispora Kembali Usulkan Penataan Sirkuit Selagalas

Dispora Kembali Usulkan Penataan Sirkuit Selagalas

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA BALAPAN: Even balapan yang dilaksanakan di sirkuit Selagalas.

MATARAM —Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram, Amran M Amin menginginkan sirkuit Selagalas secara estetika terlihat bersih, dan rapi. Untuk itu, OPD ini kembali mengusulkan anggaran untuk pembenahan sirkuit Selagalas di tahun 2019 mendatang, senilai Rp 600 juta.
“Tetap kita usulkan untuk perbaikan sirkuit. Tapi karena ada kebijakan akibat gempa, sehingga hal-hal fisik di arahkan ke sana (penanganan pascagempa),” kata Amran, kemarin.
Meski begitu, Dispora tak gentar untuk tetap mengusulkannya. Dan usulan kali ini, kata Amran, masih berproses. “Semoga diperhatikan, dan disetujui,” imbuhnya.
Menurut Amran, penataan yang diusulkan adalah untuk pembuatan pagar pengaman, perbaikan ruang sekretariat dan tribun. Sehingga ketika dilaksanakan kegiatan berskala nasional bahkan internasional, bisa berjalan dengan aman dan nyaman. “Harapannya, sirkuit Selagalas memadai sebagai tempat penyelenggaraan even,” ujarnya.
Mimpi besarnya, sirkuit Selagalas bisa memenuhi syarat nasional. Caranya tentu dengan menambah panjang lintasan. Namun keinginan itu terbentur kebutuhan anggaran yang tidak sedikit. “Itu butuh anggaran besar. Kita sudah buat proposal ke Kemenpora. Tapi sejauh ini hasil konsultasinya memang belum ada kepastian. Jadi kita usulkan penataan dalam bentuk yang ringan-ringan,” jelasnya.
Bila nantinya telah ditata, barulah Dispora berpikir bagaimana sirkuit Selagalas bisa memberi kontribusi ke Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Kalau sudah bisa dimanfaatkan, kita kan bergerak ke arah sana (retribusi),” sebutnya
Tentunya harus dimulai dari regulasi sebagai persiapan. Amran menilai, regulasi itu cukup menggunakan Peraturan Wali Kota (Perwal). “Setahap demi setahap pada akhirnya nanti bisa berkontribusi ke PAD,” ungkapnya.
Sebelumnya, anggaram Rp17 miliar dijanjikan pemerintah. Namun anggaran itu tidak bisa terealisasi karena adanya rasionalisasi anggaran dua tahun terakhir ini. Tadinya, bantuan anggaran Rp17 miliar direncanakan untuk perpanjangan lintasan sirkuit menjadi 1.200 meter dengan lebar sekitar 8 meter-12 meter. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here