Beranda Lombok Utara Bangun Desa Berdaya di Tiga Kabupaten

Bangun Desa Berdaya di Tiga Kabupaten

BERBAGI
PERESMIAN: Rumah Zakat saat melaunching Desa Berdaya di Dusun Menggala Desa Pemenang Barat, kemarin.

KLU —Penanganan bencana gempa bumi di Lombok Utara mendapat perhatian serius dari Yayasan Rumah Zakat. Tidak saja menyalurkan logistik, Yayasan Rumah Zakat juga menjadikan tiga lokasi terdampak gempa sebagai Desa Berdaya.

Ketiga lokasi tersebut yakni Dusun Menggala, Desa Pemenang Barat dan dua desa lainnya di Kabupaten Lombok Barat dan Sumbawa.
“Kami telah menggulirkan lima program utama pada fase ini, yaitu pembangunan Huntara, pembangunan sekolah darurat, pembangunan masjid, pembangunan MCK dan membangunkan pasar,” ungkap CEO Rumah Zakat, Nur Efendi, kemarin.
Peresmian Desa Berdaya yang dilakukan di Dusun Menggala itu bebernya merupakan yang pertama. Dimana Desa Berdaya ini sebagai program pemberdayaan desa yang berkelanjutan dengan mengintegrasikan rumpun program pemberdayaan dalam satu wilayah. Program itu pun terdiri dari program utama berupa pemberdayaan ekonomi dan capacity building, dan program pendukung yang meliputi program pendidikan, kesehatan dan lingkungan.
Dimana untuk wilayah Menggala telah membangun ratusan Huntara yang telah ditempati oleh warga sekitar yang rumahnya telah rata dengan tanah. Sedang biaya satu rumah telah menghabiskan anggaran sekitar Rp 12 juta.
Dalam pemberdayaan desa yang menjadi binaan Rumah Zakat ini jelasnya telah disiapkan aktifitas ekonomi masyarakat untuk bisa berjualan nantinya di pasar yang dibangunkan. Di samping itu sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pokok makanan pihaknya juga menjadikan program Superqurban sebagai bagian dari pemberdayaan berkelanjutan. Dimana dalam program optimalisasi qurban dengan mengolah daging qurban menjadi makanan siap saji berupa kornet, dan rendang yang dapat didistribusikan sepanjang tahun kepada korban terdampak. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here