Beranda Praya Metro Angka Kematian Ibu Melahirkan Diklaim Menurun

Angka Kematian Ibu Melahirkan Diklaim Menurun

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Omdah

PRAYA – Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lombok Tengah (Loteng), H Omdah mengklaim angka kematian ibu melahirkan menurun tahun 2018. Sesuai dengan data Dikes, kasus kematian ibu melahirkan terhitung Januari hingga bulan ini, baru 11 kasus. Sedangkan untuk tahun sebelumnya, 26 kasus.
Omdah menyampaikan, berkurangnya angka kematian ibu melahirkan karena semakin tingginya kesadaran ibu memeriksakan kandungannya. Di samping itu, banyak proses persalinan yang semakin baik.
“Kami akan terus upayakan agar angka kematian ibu saat melahirkan bisa berkuarng,” tuturnya.
Omdah mengaku, pihaknya tahun ini memprioritaskan agar kematian ibu melahirkan tersebut bisa ditekan hingga nol kedepannya. Karena setelah dilakukan penelitian serta pengamatan, kematian ibu melahirkan itu bisa terjadi lantaran saat melahirkan mengalami kejang-kejang, pendaharan atau masih di bawah umur. Bukan itu saja, eklamsia pada ibu melahirkan ditandai dengan tekanan darah yang tinggi dan kadar protein pada kencing ibu tersebut juga mengalami peningkatan. Banyak ibu hamil yang mengalami eklamsia lantaran perencanaan kelahirannya tidak diketahui oleh petugas medis.
“Kebanyakan yang meninggal saat ini adalah masih dikalangan produktif semua,” beber Omdah.
Untuk itu, pihaknya harapkan dengan segala upaya yang dilakukan ini, tahun depannya khusus angka kematian ibu saat melahirkan bisa nihil. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here