Beranda Headline Ratusan Ayam Mati Mendadak

Ratusan Ayam Mati Mendadak

BERBAGI
ILUSTRASI

PRABAR —Puluhan warga mendatangi Kantor Desa Bonder, kemarin. Kedatangan para peternak ini melaporkan adanya ratusan ayam petelur yang diberikan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Loteng mati mendadak. Kematian ayam ini lantaran pasokan pakan yang diberikan Distanak sudah habis.

Kades Bonder, Lalu Hamzan sendiri menyayangkan tidak responsifnya Distanak dalam program pemberian bantuan ayam petelur kepada 500 warga di Desa Bonder tersebut. Pasalnya, setelah bibit ayam dilepas, justru tidak ditindaklanjuti dengan pembagian pakan yang semestinya.
“Peternak hanya dikasi 12 kilogram pakan untuk jatah 50 ayam. Itu kan hanya jatah 10 hari saja,” sesalnya.
Hamzan sendiri menyesalkan Distanak tidak menindaklanjuti program itu di lapangan. Sebab pihaknya sendiri belum mengetahui secara jelas tentang adanya program tersebut.
“Peternak sudah berusaha cari pinjaman untuk pakan. Tapi mereka juga masyarakat miskin yang tidak seterusnya bisa menalangi biaya perawatan ayam tersebut,” tandasnya.
Untuk diketahui, bantuan ayam petelur ini diberikan kepada 13 ribu rumah tangga miskin (RTM) di dua kecamatan, yakni Kecamatan Praya Barat dan Praya Timur. Jumlah bantuan tersebut mencapai 650 ribu ekor bibit ayam jenis KUB. Sehingga dalam satu RTM mendapat jatah 50 ekor untuk dikembangkan. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here