Beranda Praya Metro Poskamling Montong Terep Terbaik

Poskamling Montong Terep Terbaik

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PENGHARGAAN: Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri saat memberikan penghargaan kepada juara lomba poskamling, Senin sore.

PRAYA – Poskamling Bele Gubuk Gempeng, Desa Montong Terep, Kecamatan Praya jadi yang terbaik. Pasalnya, poskamling setempat berhasil meraih juara I dalam lomba Siskamling yang dihelar Polres Loteng.
Dalam pengumunan pemenang ini, disampaikan usai apel Kaposkamling di Lapangan Umum Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Senin (22/10). Sementara, poskamling yang meraih juara dua serta ketiga mendapatkan penghargaan langsung dari Wakil Bupati Loteng, HL Pathul Bahri. Adapun poskamling yang mendapatkan juara II yakni, poskamling Pade Angen Dusun Kampung Baru Desa Jango, Janapria. Dan juara III adalah Poskamling Ganas Dusun Suai, Desa Tanak Rarang, Kecamatan Praya Barat.
Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman menyatakan, pihaknya melihat antusiasme masyarakat sekarang sangat cukup tinggi untuk menjaga keamanan lingkungan. Buktinya sejumlah desa sekarang sudah mulai menghidupkan poskamling mereka masing-masing. Artinya, mereka sudah sadar bahwa menjaga keamanan bukan hanya tugas dari penegak hukum samata. Namun diperlukan sinergitas antara TNI, Polri dan masyarakat.
“Zaman dahulu poskamling merupakan sarana dalam memberikan arahan terhadap para pemuda, namun sekarang pemuda lebih banyak bermain gadget,” sentil kapolres.
Untuk mendukung terjamin keamanan ini, pihaknya menyarankan pada semua pemerintah agar memberikan pelatihan terhadap BKD atau BKK yang telah dibentuk. “Paling tidak mereka juga harus diperhatikan,” ujarnya.
Kapolres menyatakan, lomba siskamling yang diselenggarakan merupakan upaya jemput bola. Tidak hanya pihak kepolisian yang dituntut untuk mengaja keamanan, tetapi masyarakat juga terlibat. “Peran serta masyarakat memang sangat penting,” tuturnya.
Menurut dia, keberhasilan yang diraih oleh Poskmaling sebelumnya sebagai bukti kepedulian masyarakat di sekitarnya tentang pentingnya sebuah ketertiban dan kamanan lingkungan masing-masing. Namun semua tidak lepas dari rasa persatuan, kebersamaan dan kekompakan warga masyarakat yang terus selalu mejaga keamanana.
“Memang seperti kami harapkan kerja sama yang terjalin seluruh eleman masyarkat dengan baik,” harap dia.
Ia mengaku, siskamling ini mendapatkan juara satu melaui beberapa penilaian, di antaranya yaitu sarana dan prasarana Poskamling, kesadaran masyarakat untuk ikut ronda, administrasi seperti daftar hadir ronda serta tingkat keamanan di desa tersebut. Pada penilaian poskamling, tim penilai melakukan pengecekan perlengkapan beserta administrasinya, personel yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya, pengecekan cara membunyikan kentongan dan penilaian peragaan penculikan, penilaian peragaan bahaya kebakaran dan penanggulangannya, serta bagaimana cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang benar.
“Ini juga merupakan hasil dari kerja sama antara pemerintah desa, pemuda, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat,” jelasnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here