Beranda Headline Nasib Korban Banjir Bandang Selatan Tak Menentu

Nasib Korban Banjir Bandang Selatan Tak Menentu

BERBAGI
MUHAMAD RIFA'I / RADAR MANDALIKA H Mustamin Hasyim

LOTIM – Nasib korban banjir bandang di wilayah selatan Lombok Timur (Lotim), menjadi tak menentu. Pasalnya, janji pemerintah pusat memberikan bantuan stimulant bagi korban banjir bandang yang rumahnya mengalami rusak berat, hingga saat ini tak ada kejelasan. Padahal, permintaan pusat pada korban untuk membuat rekening, sudah dilakukan. Malah rekening tersebut sudah lama dipegang warga.
Camat Keruak, H Mustamin Hasyim, kepada Radar Mandalika, kemarin mengatakan, tim verifikasi kabupaten sudah melakukan verifikasi terhadap 112 korban banjir yang rumahnya rusak berat, sedang dan ringan. “Dulu menteri yang berjanji, akan diberikan bantuan bervariasi mulai dari Rp 35 juta, Rp 25 juta dan Rp 20 juta. Tapi sampai saat ini tidak ada kejelasan dari pusat,” jelasnya.
dikatakan, pemerintah kabupaten tidak menganggarkan korban banjir bandang karena pusat sudah menyanggupi penanganan korban banjir. “Sekarang dari pusat tidak ada, kabupaten juga tidak ada,” tegasnya.
Ia mengungkapkan, anggaran bencana sebesar Rp 50 miliar yang digelontorkan pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, diharapkan Mustamin, bisa diberikan porsi terhadap para korban banjir bandang. Sehingga, hati para korban banjir bandang bisa terobati. “Informasinya (Bupati) menganggarkan juga untuk korban banjir bandang, tapi kita belum tahu berapa untuk korban banjir. Mudah-mudahan saja segera ada kejelasan dan nanti kita koordinasikan,” sambungnya.
Kaitan dengan rumah rusak akibat bencana gempa bumi, diakui wilayahnya hanya terkena dampak tidak terlalu parah. “Rumah rusak akibat gempa hanya rusak sedang saja, tidak ada rusak berat,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here