Beranda Praya Metro Distribusi Logistik Pilkades Dikawal Ketat

Distribusi Logistik Pilkades Dikawal Ketat

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA PENYALURAN: Penyaluran logistik Pilkades menggunakan truk dikawal ketat oleh pihak kepolisian, kemarin.

PRAYA — Pemkab Loteng melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Loteng, telah mendistribusikan logistik untuk Pilkades serentak 96 desa, kemarin. Dalam pendistribusian dikawal ketat.
Dalam penyaluran ini, menggunakan 12 truk yang menyalurkan di masing-masing kecamatan dan ini mendapatkan pengawalan ketat polisi.
Kepala DPMD Loteng, Jalalludin membenarkan hari ini (Kemarin,Red) pihaknya telah mendistribusikan logistik pilkades, dengan dikawal pihak aparat. “ Penyaluran berjalan dengan lancar,” katanya, kemarin.
Jalal menegaskan, untuk jumlah surat suara yang disalurkan sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dimana untuk jumlah TPS yang ada di 96 desa yang ikut dalam pesta demokrasi itu, sekitar 1.046 dan jumlah DPT mencapai 542406.
“Makanya surat suara yang disalurkan mencapai 55,0256 dan itu tidak boleh lebih dan tidak boleh kurang,“ tegasnya.
Jalal menjelaskan, surat suara yang distriubusikan itu, sebelum ke masing- masing TPS, logistik Pilkades itu akan ditempatkan di kantor desa dengan dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Sehingga, pihaknya memastikan jika surat suara tersebut akan aman. Dan pada pencoblosan mendatang dipastikan tidak akan ada hambatan.
“Yang jelas semua logistik sudah didistribusilkan,” bebernya.
Ditambahkan, pihaknya harapkan dalam pelaksanaan pilkades semua pihak untuk bersama –sama menjaga keamanan. Sebab sebelumnya, semua calon di masing –masing desa sudah melakukan daklrasi damai dalam pilkades tersebut.
“Kita harapkan semua elemen bekerjasa sama untuk membantu dalam memberikan pengamanan pilkades ini,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman menyatakan, pihaknya sudah koordinasi dengan beberapa pihak terkait untuk mempersiapkan pola pengamanan pilkades tersebut. Apalagi ada sekitar 96 desa yang akan melaksanakan pilkades. Sehingga penerjunan personel secara maksimal dilakukan, untuk memastikan pilkades berjalan lancar, aman, dan kondusif.
“Banyak personel yang kita libatkan, termasuk personel yang bertugas di polsek-polsek,” bebernya.
Untuk pemetaan kerawanan pemicu konflik dalam pelaksanaan pilkades sendiri, sejauh ini pihaknya melihat, bahwa belum ada kerawanan. Karena semua desa sudah melakukan deklarasi untuk bersama-sama mengamankan pilkades damai.
“Untuk anggota kami sebar dua personel amankan tiga TPS,” kata kapolres. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here