Beranda Lombok Timur Dispertan Tak Usulkan Anggaran Fisik

Dispertan Tak Usulkan Anggaran Fisik

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA Zaini

LOTIM – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan, masih dalam evaluasi Gubernur. Ternyata, Dinas Pertanian (Dispertan) Lombok Timur (Lotim), tidak mengusulkan anggaran untuk program fisik di APBD Perubahan. Alasannya, ingin fokus menyelesaikan kegiatan yang dianggarkan melalui APBD induk.
Alasan lain, waktu untuk mengerjakan pekerjaan fisik lewat APBD Perubahan, sangat mepet, sehingga khawatir tidak bisa diselesaikan.
Kepala Dispertan Lotim, Zaini di ruang kerjanya, kemarin mengatakan, pekerjaan APBD induk yang sedang dalam proses penuntasan itu salah satunya irigasi tersier, dam parit empat titik, embung 8 unit, jaringat irigasi tingkat usaha tani 34 unit dan lainnya. Pekerjaan tersebut, ada dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), dan pekerjaan fisik lainnya. Hampir semua pekerjaan tersebut rampung. “Hampir semua rampung, ada yang sudah PHO, bahkan proses di BPKAD,” jelasnya.
Sementara untuk tahun 2019 mendatang, berdasarkan visi dan misi Bupati, masih focus pada pembangunan infrastruktur. Infrastruktur dibangun seperti d iwilayah selatan, yang setiap musim kemarau selalu kekurangan air.
Ke depan ucap Zaini, akan memperbanyak embung untuk menunjang air pertanian petani wilayah selatan. Sementara di wilayah utara, jika ada air memungkinkan untuk dialirkan menggunakan pipa, akan dialirkan. Termasuk, juga akan diupayakan melalui sumur pompa dangkal. “Insya Allah, kita masih akan tetap fokus untuk fisik, agar petani tidak lagi kesulitan masalah air,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here