Beranda Headline Banyak Pramuwisata Tak Kantongi Lisensi

Banyak Pramuwisata Tak Kantongi Lisensi

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika Abdul Annas Ghoib

KLU —Sejumlah pramuwisata di Lombok Utara masih banyak yang tidak mengantongi sertifikat. Dari ratusan pramuwisata, hanya separo yang dinyatakan sudah berlisensi.
Kabid SDM Disbudpar Lombok Utara, Abdul Annas Ghoib menyatakan, atas persoalan ini pihaknya mengakui telah mendorong para pramuwisata yang ada agar mengurus proses pengajuan lisensi tersebut agar para wisatawan sendiri tidak ragu ketika dipandu oleh mereka. Dimana untuk mendapat lisensi tersebut, mereka harus mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh lembaga yang membidangi, salah satunya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI). Dengan ilmu yang mereka terima sedikit tidak dapat memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang tata cara dalam memandu para wisatawan dalam penyampaian informasi yang benar.
“Kalau wisatawan dipandu oleh orang yang tidak berpengalaman tentu dapat merusak image pariwisata kita,” cetusnya.
Ia menyampaikan para pramuwisata yang sudah berlisensi sebelumnya telah mengikuti pelatihan dari HPI selaku lembaga yang menaungi. Dimana dalam aturan yang dibangun HPI, jelas mereka selaku pramuwisata harus memberikan informasi yang menjamin dan tidak boleh mengada-ada dalam pemberian informasi. Sehingga para wisata tidak merasa dibohongi.
Atas banyaknya pramuwisata yang masih belum mengantongi sertifikat tersebut tentunya harusnya tidak boleh bekerja memegang profesi itu. Pihaknya sendiri katanya tetap akan melakukan pengawasan terhadap mereka yang masih banyak di lapangan. Namun sebagai upaya memudahkan mereka ke depan, Ghoib akan melakukan pembentukan HPI di Lombok Utara. Sehingga nantinya dapat memfasilitasi aktifitas mereka dan memberikan pelatihan sesuai tuntutan selaku pramuwisata.
“Sebenarnya waktu sehari sebelum gempa kita akan melakukan pembentukan HPI. Tapi karena bencana, ditunda hingga waktu yang belum ditentukan,” tandasnya. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here