Beranda Praya Metro Program BKPM Polres, Pecahkan Rekor Muri

Program BKPM Polres, Pecahkan Rekor Muri

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA PENGHARGAAN: Kapolda NTB, Wakil Bupati dan Kapolres Loteng saat menerima penghargaan dari LEPRID, sore kemarin.

PRAYA —Program Berugak Kemitraan Polisi Masyarakat (BKPM) Polres Lombok Tengah (Loteng), patut ditiru. Pasalnya, program yang dijalankan ini, berhasil mendapatkan penghargaan dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia Dunia (LEPRID) karena telah berhasil mecahkan rekor muri. Penghargaan ini diberikan di Lapangan umum Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, sore kemarin.
Dimana, pengharagaan didapatkan karena atas program inovasi pencanangan BKPM karena sudah mampu membuat berugak kemitraan mencapai 1.300 unit yang ditempatkan di setiap desa/kelurahan. Tujuannya, untuk menekan angka kriminalitas.

Kapolda NTB, Irjen Pol Acahmad Juri yang berkesempatan hadir memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Loteng. Kapolda menerangkan, dengan adanya berugak itu nantinya akan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di tingkat desa/kelurahan dengan cara bermusyawarah.
“Apapun permasalahan, terutama permasalahan sengketa maka akan lebih baik diselesaikan dengan cara musyawarah. Kami berharap dengan adanya berugak kemitraan ini, akan mampu menyelesaikan banyak persoalan,” harap Kapolda.
Kapolda menegaskan, penggunaan berugak diharapkan mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam menjaga Kamtibmas, terlebih saat ini banyak masyarakat yang lebih memilih menyelesaikan permasalahanya dengan mengeluarkan biyaya yang sangat besar. Padahal, dengan bermusyawarah bisa diselesaikan dengan baik.
“Berugak kemitraan ini saya harapkan bisa digunakan juga dalam berbagai kegiatan, termasuk bagaimana mencegah terjadinya hal- hal yang akan mengganggu kamtibmas,” pesan Kapolda.
Sementara itu, Wakil Bupati Loteng, HL Lalu Pathul Bahri menegaskan, keberadaan poskamling adalah wujud nyata dari salah satu bentuk bela negara untuk mewujudkan rasa aman, dan nyaman bagi masyarakat. Poskamling terbentuk atas dasar kesadaran dari setiap warga yang ingin secara bersama- sama menciptakan lingkungan yang kondusif.
“Terbukti dengan keberadaan poskamling tingkat keriminalitas menurun,” kata Pathul.
Untuk itu, Wabup menekankan agar warga semangat untuk meningkatkan kebersamaan menjaga keamanan di lingkungan melalui poskamling. Piagam poskamling yang didapatkan hari ini (kemarin,Red), hanya menjadi simbol semata, namun memiliki makna yang lebih mendalam sebagai buah dari semangat dan kinerja warga melalui poskamling.
“Jika semua poskamling di setiap lingkungan memiliki semangat yang sama, maka saya yakin akan aman dan nyaman,” yakin Pathul.
Terpisah, Ketua umum LEPRID, Paulus Pangka mengaku memberikan penghargaan kepada Polres Loteng, guna membangun kebersamaan persatuan dalam masyarakat. Katanya, Polres Loteng bersama Pemkab membuat program pencanangan 1.300 BKPM. Sehingga dengan program BKPM itu, segala aspirasi, keluhan atau yang berkaitan dengan kamtibmas dapat terhubung secara langsung dengan cepat.

“Kami dari LEPRID sudah turun dan benar bahwa berugak itu memang ada di setiap desa/kelurahan,” katanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here