Beranda Praya Metro Pendem Dapat Bantuan Biogas

Pendem Dapat Bantuan Biogas

BERBAGI
ILUSTRASI

JANAPRIA —Pemerintah Desa Pendem, Kecamatan Janapria sejak tahun lalu mendapat bantuan peralatan pengolahan kotoran sapi menjadi biogas. Program ini merupakan program hemat energi terbarukan dari pemerintah.
Kades Pendem, H Zainudin mengungkapkan, program ini turun melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB. Tahun lalu, pihaknya sudah mendapat 35 unit peralatan dan pembuatan bak penampung kotoran ternak sapi. Bantuan tersebut sudah disebar di 35 kepala keluarga di dua dusun, yakni Dusun Dao Pendem dan Dusun Karang Majelo.
“Awalnya warga menolak. Tapi setelah ada salah satu warga yang berhasil, mereka akhirnya tertarik dan ikutan,” ujarnya.
Atas keberhasilan pada tahun lalu, tahun ini Pemdes kembali mendapat bantuan sebanyak 20 unit. Bantuan itu sudah disebar di tiga dusun, yakni Dusun Pipi, Jelitung dan Gelondong.
“Semuanya sudah selesai dipasang dan mulai difungsikan,” ucapnya.
Melihat antusiasme warga, tahun depan Pemdes akan berupaya agar bantuan serupa kembali diprogramkan. Sehingga jumlah bantuan yang masuk mencapai 100 unit, sesuai dengan proposal yang diajukan 2016 lalu.
Diakui Zainudin, program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh warga. Selain menghemat gas LPG, sisa kotoran ternak juga bisa dimanfaatkan sebagai pupuk organik.
“Setelah adanya program ini pula, semua kandang milik warga menjadi bersih,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here