Beranda Praya Metro Mangkung Jadi Desa Penyangga Pariwisata

Mangkung Jadi Desa Penyangga Pariwisata

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA PROYEK: Pemeriksaan sumur sebagai upaya pengadaan prasarana dan sarana pertanian oleh Dinas Pertanian NTB di Desa Mangkung, beberapa waktu lalu.

PRABAR —Desa Mangkung ditetapkan sebagai desa penyangga pariwisata oleh Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Loteng. Dari itu Pemdes diminta segera menyampaikan usulan dalam bentuk proposal agar dana yang digelontorkan tepat sasaran. Program yang bisa didanai meliputi penataan lingkungan dan pemenuhan infrastruktur.
Kades Mangkung, L Samsul Rizal menjelaskan, salah satu usulan program yakni normalisasi embung, jalan desa, mesin pengolahan limbah industri dan plastik, mobil angkutan gabah, gedung pengolahan hasil tanaman warga, hingga penyediaan air bersih bagi warga (PAMDes).
“Di proposal, kita ajukan sekitar Rp 12 miliar,” ujarnya.
Diakuinya, di Loteng belum banyak desa yang mengangkat sektor pertanian guna menunjang agribisnis dan agro wisata. Sehingga hal ini menjadi atensi pemdes jauh-jauh hari sebelum pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes).
“Program ini dimulai 2019 secara bertahap. Kami optimis rencana menjadi desa wisata dan penyangga pariwisata ini bisa terwujud,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here