Beranda Mataram Baguslah Ada Dana Kelurahan

Baguslah Ada Dana Kelurahan

BERBAGI
ILUSTRASI

MATARAM -Pemerintah pusat akan menggelontorkan dana kelurahan di tahun depan, melalui APBN 2019. Atas rencana itu, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana merespon positif. Selama ini, pemkot telah mengalokasikan anggaran untuk setiap kelurahan di Kota Mataram.
Bila mengucur dana kelurahan dari APBN, menurut Mohan, maka dana dari pemkot bisa dialihkan untuk komponen lainnya. “Dengan adanya dana kelurahan itu akan memberikan kemudahan dalam mengatur kebijakan fiskal di Mataram. Dana yang sebelumnya untuk kelurahan bisa dialihkan ke komponen pembiayaan lain yang dibutuhkan,” ujarnya, kemarin.
Dana kelurahan yang kemungkinan besarannya akan serupa dana desa, lanjut Mohan, bisa dimaksimalkan kelurahan. Terutama untuk menangani kebersihan dan penataan lingkungan lainnya. Diakui, saat ini hal yang paling penting ditangani kelurahan adalah masalah kebersihan. “Sesuai Perwal, kelurahan diberi tanggungjawab menangani masalah kebersihan dan kos-kosan,” sebutnya.
Sebelum dana kelurahan itu dicairkan, Mohan merasa perlu dilakukan persiapan agar tidak ada tumpang tindih. Terutama dalam tata kelola administrasi agar lebih baik.
Sebagai informasi, pemerintah sedang merancang dana kelurahan dalam RAPBN 2019 yang kini masih dibahas antara Kementerian Keuangan dengan Badan Anggaran DPR RI. Dana kelurahan ini juga telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu yang didasari dengan tujuan untuk pemerataan pembangunan di daerah-daerah.
Merujuk laman Sekretariat Negara di setkab.go.id, dana kelurahan merupakan anggaran yang dialokasikan khusus untuk kelurahan dengan besaran yang berbeda dengan dana desa. Pada prinsipnya, dana kelurahan sama dengan dana desa, yakni untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Namun, alasan mendasar membuat program dana kelurahan adalah karena banyak keluhan dari masyarakat terkait operasional untuk tingkat kelurahan. Dana kelurahan ini nantinya akan diberikan kepada tiap kelurahan yang ada di kota. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here