Beranda Praya Metro Saluran Irigasi Pertanian Mampet

Saluran Irigasi Pertanian Mampet

BERBAGI
HAFIDZ/RADAR MANDALIKA H Mahlan

JANAPRIA —Saluran irigasi sekunder di sejumlah desa di Kecamatan Janapria menjadi atensi pihak kecamatan. Hal ini disebabkan saluran irigasi dari Embung Bingkok, Desa Montong Gamang dan Embung Jurang Sadik rusak sejak beberapa waktu terakhir.
Camat Janapria, H Mahlan mengaku jika proyek saluran irigasi yang dibangun beberapa waktu lalu tidak mampu menunjang infrastuktur di desa. Pemeliharaannya pun tidak dipikirkan.
“Makanya kami sudah sampaikan dalam pra Musrembang kecamatan, agar pengelolaannya nanti bisa ditangani langsung oleh desa,” kata Mahlan.
Saat ini lanjut Mahlan, pemerintah desa tidak berani memanfaatkan saluran irigasi tersebut. Sebab hal itu masih merupakan kewenangan Pemprov NTB. Dari itu, pihak kecamatan akan bersurat ke BWS agar apa yang jadi hajatan membangun saluran irigasi pertanian tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat. Sebagai daerah tadah hujan, Mahlan sendiri sangat berharap ada harapan baru bagi petani bisa mengairi lahan persawahannya. Terlebih kekeringan di daerahnya terjadi hampir setiap tahun. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here