Beranda Praya Metro Mujur Atensi Persoalan Sampah

Mujur Atensi Persoalan Sampah

BERBAGI
DOC/RADAR MANDALIKA NYAPU: Salah satu pedagang di Pasar Mujur membersihkan sampah di sekitar lapak jualannya, beberapa waktu lalu.

PRATIM —Pemerintah Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur memberikan mengatensi penuh persoalan sampah lingkungan, termasuk sampah di areal Pasar Mujur. Sekdes Mujur, Mahrim mengatakan, dalam menangani persoalan sampah ini, pihaknya berencana mengusulkan peraturan desa (Perdes) seputar cara mengatasi sampah. Caranya, Pemdes bakal menerbitkan aturan mengenai retribusi sampah di masing-masing kepala keluarga (KK).
“Kita sudah bahas bersama BPD, bagaimana menelurkan Perdes ini agar ada sistem pengelolaan sampah ke depan,” kata Mahrim pada Radar Mandalika, kemarin.
Jika rencana ini terealisasi, Pemdes baru memikirkan tarif untuk membayar petugas sampah.
“Kita sudah siapkan TPS di Dusun Santong. Di sana ada kita punya tanah pecatu milik desa,” sebutnya.
Secara teknis, retribusi untuk penanganan sampah ini bakal menyasar pertokoan, rumah tangga, hingga pasar. Meski demikian, pengaturan retribusi sampah ini dipandang cukup sulit. Sebab kendala pembuatan Perdes dan penerapannya di lapangan tidak semudah membalikkan telapak tangan.
“Tapi sekarang masih dalam perencanaan. Insya Allah lahan TPS seluas 10 are siap digunakan. Kita berharap Pemkab juga bisa membantu alat pengolah sampah bagi pemdes agar niatan baik ini bisa terwujud,” pungkasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here