Beranda Lombok Barat Investasi Ikut Terdampak Gempa

Investasi Ikut Terdampak Gempa

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA H Dulahir

LOBAR —Gempa bumi sudah berlalu. Namun, dampaknya masih dirasakan hingga saat ini. Termasuk mempengaruhi investasi di Lombok Barat (Lobar).
Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lobar, H Dulahir mengakui, gempa berimbas kepada investasi di Lobar. Dibandingkan bulan yang sama tahun lalu, terlihat penurunannya secara signifikan. Seperti di bulan September, biasanya sudah mencapai sekitar 70 persen untuk investasi. Namun tahun ini, hingga bulan Oktober realisasinya baru 60 persen. “Dampaknya memang kelihatan ke investasi,” ujarnya, kemarin.
Efek lainnya, beberapa investor berencana merubah izin bangunan. Dari bertingkat menjadi tidak bertingkat. Untuk penggantian bentuk bangunan atau membuat bangunan baru, harus tetap mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
“Tapi kalau tidak merubah konstruksi, tidak perlu mengurus IMB lagi. Cukup konsultasi dengan Dinas PUPR agar sesuai ketentuan,” sambungnya.
Menurut dia, menurunnya investasi sangat dirasakan pada sektor pariwisata. Terutama bagi pengusaha perhotelan di Senggigi. Dulahir berharap, di sisa waktu dua bulan ini, target investasi bisa mencapai 100 persen. “Kita berharap November-Desember ini bisa kembali seperti semula, dan terget investasi bisa tercapai,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here