Beranda Lombok Barat Dewan Panggil Dua Kubu untuk Mediasi

Dewan Panggil Dua Kubu untuk Mediasi

BERBAGI

LOBAR —Sengketa kepala desa (Kades) Ombe Baru belum menemui titik terang. Apalagi hingga kini, Bupati Lobar H Fauzan Khalid belum mengambil langkah untuk menjalankan amar Keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) untuk mengangkat penggugat (H Mazni) sebagai Kades yang baru.
Bupati justru memilih mengangkat Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kades untuk memimpin Desa Ombe Baru sementara waktu. Permasalahan ini juga menjadi sorotan kalangan DPRD Lobar. rencananya, pihak H Mazni dan mantan kades akan dipanggil untuk mediasi.
“Hari Senin (22/10) kita akan panggil kedua belah pihak untuk mediasi,” ujar Wakil Ketua III DPRD Lobar, H Sulhan Muhklis Ibrahim, kemarin.
Menurutnya, persoalan Pilkades Ombe Baru seharusnya selesai sejak dulu. Itu jika eksekutif cepat mengambil langkah. Namun politisi PKB ini menilai, terjadi pembiaran, sehingga persoalan berujung ke meja hijau.
Jika merunjuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 47 tahun 2015 tentang Desa, pemilihan Kades diputuskan Bupati, dan sifatnya final mengikat. “SK ini yang masuk ranah hukum dan keputusannya sudah inkrah,” tandasnya.
Pertanyannya kini, bagaimana sikap Bupati atas SK tersebut. apakah akan menjalankan keputusan PTUN sepenuhnya, sebagian atau justru tidak sama sekali. “Ini harus juga dilihat dampaknya kepada masyarakat,” pesannya.
Terpisah, Bupati Lobar, H Fauzan Khalid mengaku sudah menerbitkan SK pemberhentian Kades Ombe Baru dan mengangkat Plt. Ia berdalih tetap pengangkatan Plt sesuai Permendagri. Sebaliknya jika melantik langsung Kades baru, akan melanggar Permendagri.
“Butuh kajian, sebab untuk pelantikan itu harus ada jabatan Plt dulu. Sehingga butuh waktu prosesnya,” jelasnya.
Penunjukan Plt itu dianggapnya sebagai jalan tengah. Sebab jika mengambil keputusan untuk melantik langsung, akan menimbulkan gesekan lagi. “Plt dulu, bukan berarti PAK MAZNI tidak bisa dilantik,” tegasnya seraya mengimbau masyakarat agar bersabar, sebab Pemkab masih menyelesaikan sengketa ini. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here