Beranda Headline Pemdes Semparu Minta Hak Kelola Pasar

Pemdes Semparu Minta Hak Kelola Pasar

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA AKTIVITAS: Sejumlah pedagang tengah menjajakan dagangannya di Pasar Semparu beberapa waktu lalu.

KOPANG —Pemdes Semparu berharap pengelolaan pasar dikelola desa di masa mendatang. Pasalnya, saat ini pengelolaan pasar yang berada di Kecamatan Kopang ini sangat amburadul dan terkesan kumuh. Hal ini disampaikan Pjs Kades Semparu, Lalu Ahmad Prayuge. Kata dia, Pemdes dan masyarakat sejatinya sudah lama mengusulkan terhadap persoalan ini. Bahkan bila perlu, Pemkab harusnya melepas aset tersebut ke Pemdes. Sebab ia melihat saat ini pengaturan pedagang, kebersihan pasar dan pengelolaannya secara umum masih semrawut. Buktinya, di setiap hari pasaran, yakni hari Selasa dan Kamis, ruas jalan Semparu-Bodak lumpuh. Hal ini pun memaksa kendaraan yang melintas di jalur tersebut merayap.
“Lagian kecamatan kami lihat hanya mengejar target PAD saja, tapi melalaikan yang lain,” ungkapnya.
Memang saat ini lanjut Prayuge, ada konstribusi yang didapat desa terhadap keberadaan pasar ini melalui pengelolaan sampah oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) TPS3R. Termasuk retribusi pengelolaan parkir yang masuk sebagai PADes sebesar Rp 200 ribu perbulannya.
“Tapi kalau desa yang kelola, saya yakin pengelolaannya bisa menyeluruh,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here